Cara Jitu Meningkatkan Skill Menulis untuk Blog Affiliate

Admin
1707120079_cara-jitu-meningkatkan-skill-menulis-untuk-blog-affiliate.jpg

Menjadi blog affiliate adalah salah satu cara yang efektif untuk menghasilkan uang secara online. Namun, untuk sukses di bidang ini, kamu perlu membekali diri untuk menulis dengan baik. Lantas, apa saja yang harus dipertimbang untuk menghasilkan tulisan yang baik?

Daftar Isi

Apa saja cara untuk meningkatkan skills menulis blog affiliate?

Berikut adalah 10 cara jitu untuk meningkatkan keterampilan menulis untuk blog affiliate, simak selengkapnya.

1. Bangun budaya membaca

Membaca adalah jendela dunia, ya benar, tak terkecuali untuk menjadi blog affiliate. Jika kamu pemula, membaca sebanyak mungkin hal tentang dasar-dasar menulis, seperti ejaan, struktur kalimat dan tata bahasa adalah hal yang akan membantu kamu menghasilkan tulisan yang memudahkan pembaca kamu. Perlu kamu ingat bahwa cara terbaik menulis artikel affiliate itu agar nyaman untuk dibaca oleh manusia.

Tidak hanya terkait dasar menulis, namun kamu juga perlu membaca dan melakukan penelitian atau research terkait pembaca kamu. Apa yang mereka suka, blog apa yang menjadi kompetitor kamu, produk atau topik apa saja yang akan dibahas dalam blog kamu. Jadi, sediakan waktu untuk membaca sehingga kamu semakin baik dalam menjadi blog affiliate.

2. Belajar menulis setiap hari

Practice makes perfect, itu adalah ungkapan yang tepat bagi seorang blog affiliate. Ya, dengan mempraktekan setiap hari, kemampuan menulis untuk memberikan artikel atau konten yang menarik bukanlah hal yang sulit. Setelah membangun budaya membaca, kamu akan memiliki banyak topik atau ide yang bisa dituliskan dalam blog.

Perlu kamu ingat bahwa kualitas adalah prioritas utama bukan hanya sekedar kuantitas, menghasilkan artikel dalam jumlah banyak tidak menjamin artikel kamu akan mudah ditemukan di mesin pencarian. Oleh sebab itu, tulislah artikel secara rutin bahkan jika memungkinkan setiap hari agar semakin mudah kamu menghasilkan artikel dengan penulisan yang berkualitas.

3. Mintalah feedback

Feedback adalah respon dari kualitas penulisan, apakah mudah dimengerti oleh pembaca, mengandung topik yang menarik, bahkan apakah membuat pembaca ingin kembali mengunjungi blog kamu?

kamu bisa meminta feedback atau tanggapan dari orang terdekat atau pembaca kamu. Jangan merasa kecil hati jika ada kamu mendapat tanggapan yang tidak diinginkan, namun jadikan itu sebagai bentuk improvement agar semakin baik setiap harinya. Namun, jika feedback yang diperoleh sudah baik, selamat, kamu siap menjadi blog affiliate yang berhasil.

4. Kenali pembaca

Setelah kamu memiliki kemampuan menulis atau copywriting yang terus dikembangkan, hal selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah mengenali pembaca. Ada banyak jenis pembaca yang mencari kebutuhan mereka dengan mesin pencari atau search engine seperti google, bing, yandex, dan lainnya.

Identifikasi target audiens akan membantu kamu memberikan konten atau artikel sesuai dengan pembaca kamu, apakah informatif, navigasi, atau kebutuhan transaksi. Dengan mengenali dan memfokuskan diri pada pembaca, akan mengubah pola pikir dari sekedar menulis menjadi menulis dengan baik agar disukai manusia, yaitu pembaca setia blog kamu.

5. Perbanyak riset produk yang akan dipromosikan

Setelah memahami pembaca, selanjutnya adalah perbanyak informasi terkait produk yang ingin dipromosikan. Hal ini berkaitan untuk memberikan kualitas yang baik. Mengenali produk akan memudahkan kamu dalam menentukan gaya penulisan, segmen market atau sasaran pembeli, unique selling (USP), dan kompetitor produk.

Mintalah product knowledge, telusuri website produk sponsor, review dari platform digital bahkan marketplace jika ada. Kelengkapan informasi terkait produk juga membantu kamu menentukan topik sebagai media marketing produk sponsor sehingga meningkatkan penjualan melalui website kamu. Disinilah kemampuan menulis kamu diuji dikarenakan penulisan yang bertujuan selling atau penjualan berbeda dengan menulis artikel informasi.

6. Menjadi penulis yang adaptif

Adaptif adalah karakter yang perlu dikembangkan oleh blogger affiliate dengan kemajuan dan perubahan yang masif saat ini, oleh sebab itu penting untuk kamu memiliki budaya membaca sehingga perubahan yang terjadi dalam hal update atau pembaruan search engine dan tren yang relevan dengan produk atau blog kamu mengikuti arus, khususnya minat dari pembaca.

Tidak hanya berkaitan dengan penulisan dan search engine, namun juga penting merecall produk yang sedang dipromosikan apakah ada media marketing yang baru, seperti flyer atau brosur elektronik terbaru sehingga bisa ditampilkan di blog kamu. Relevansi informasi produk dengan website official produk, penting untuk kamu pertahankan sehingga tidak ada misinformation dan turut berpengaruh dalam membangun trustworthiness.

7. Gunakan gambar dan video untuk memperkaya konten

Jika ada tools atau alat promosi lainnya seperti gambar dan video dapat membantu menarik perhatian pembaca dan membuat tulisan kamu lebih menarik. kamu bisa menggunakan gambar dan video dari internet, sponsor, atau membuat sendiri.

Secara research, materi promosi jauh lebih menarik jika tersedia media bantu, seperti banner CTA produk sponsor, video review personal kamu, dan lainnya. Perkaya konten kamu sehingga lebih menarik dan mampu meyakinkan pengguna untuk berkontribusi pada program affiliate kamu.

8. Pelajari teknik SEO

Mempelajari teknikal SEO merupakan dasar penting untuk membantu blog ditemukan dalam laman pencarian, hal ini dapat meningkatkan traffic kunjungan di website. Dengan memastikan bahwa blog sudah aman dikunjungi seperti HTTPS bukan HTTP.

Ketahui faktor SEO lainnya seperti bagaimana cara menentukan kata kunci atau keywords pencarian yang tepat, menulis SEO On-Page, meningkatkan authority blog, dan tak lupa memperhatikan apakah blog kamu berat untuk dimuat atau tidak (loading load). Perlu untuk diketahui bahwa menjadi blog affiliate yang baik perlu pengetahuan terkait SEO (Search Engine Optimisation).

9. Promosikan blog dan jalin relasi

Setelah kamu menulis tulisan yang bagus, mempelajari SEO, mengetahui produk, maka kamu perlu mempromosikan blog kamu secara aktif agar lebih banyak orang yang membacanya. kamu bisa mempromosikan blog kamu di media sosial, forum, dan komunitas online lainnya.

Komunitas online juga dapat membantu kamu membangun tulisan yang lebih baik, seperti komunitas content writer atau penulis, blogger, atau grup affiliate tempat kamu bergabung. Lakukan hal yang sama untuk relasi kamu, membagikan informasi blog di media social tidak membutuhkan biaya seperti ads, jangan remehkan media sosial kamu ya.

10. Passionate atau terus bersemangat

Passionate adalah hal terakhir yang perlu kamu pertahankan dan tumbuhkan terus-menerus untuk bersemangat menulis dan melakukan aktivitas blogging kamu. Jika kamu serius ingin meningkatkan keterampilan menulis, kamu bisa mengikuti kursus atau seminar menulis. Kursus atau seminar ini akan mengajarkan kamu teknik-teknik menulis yang lebih efektif.

Jika hasil yang diinginkan belum terjadi, ingatlah untuk terus menyemangati diri, saat inilah penting kamu memiliki komunitas sehingga dapat berdiskusi terkait kendala dan solusi yang sering dialami oleh blog affiliate. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa meningkatkan keterampilan menulis untuk blog affiliate dan menghasilkan uang secara online.

Segera bergabunglah dengan komunitas penulis Accesstrade, dengan klik tombol dibawah ini.

https://t.me/accesstradeindonesia

Gabung untuk bertukar pikiran dan belajar dari pengalaman penulis lain. Komunitas accesstrade dapat menjadi sumber dukungan dan inspirasi bagi kamu dalam mengembangkan website dan mengumpulkan pendapatan secara online. Semoga tips-tips di atas bermanfaat!

Referensi:
https://www.searchenginejournal.com/content-writing-tips-from-experts/477016/

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!