Bagaimana Struktur Situs Dapat Mempengaruhi Performa SEO

Bagaimana Struktur Situs Dapat Mempengaruhi Performa SEO

Admin
search engine optimization Dec 21, 2023
SHARE ON
1703878374_structure-website.jpg

Saat berbicara tentang situs web, navigasi yang mudah dan struktur yang jelas tidak hanya menguntungkan pengunjung tetapi juga sangat berpengaruh dalam SEO. Sebuah situs dengan struktur yang baik tidak hanya mempermudah pengunjung dalam menemukan informasi yang mereka cari, tetapi juga memudahkan Google dalam mengindeks dan memahami konten mana yang relevan dan penting.

Apa Itu Struktur Website?

Struktur website itu dapat diibaratkan sebagai denah atau peta, struktur website memberikan gambaran tentang bagaimana halaman-halaman dalam situs kamu terorganisir dan terhubung. Struktur yang terorganisir ini tidak hanya memudahkan pengguna saat mereka menjelajahi situs kamu, tetapi juga memudahkan mesin pencari dalam mengkategorikan dan mengindeks setiap halaman yang ada.

Mengenal Site Crawlability

Crawlability adalah kemampuan sebuah mesin pencari, seperti Google, untuk masuk ke situs web kamu dan membaca semua teksnya. Bayangkan mesin pencari sebagai robot yang berkeliaran di situs web kamu. Robot ini berjalan dari satu halaman ke halaman lainnya melalui link yang ada, untuk mencoba memahami isi situs kamu.

Jika situs web kamu mudah "dirayapi", maka robot mesin pencari bisa dengan mudah mengerti apa isi situs kamu dan informasi apa yang kamu tawarkan. Hal ini membantu Google menentukan kapan harus menampilkan situs kamu di hasil pencarian. Jadi, semakin mudah situs kamu "dirayapi", semakin baik peluangnya untuk muncul di halaman hasil pencarian Google.

Baca Juga: Panduan Lengkap Taxonomy Website Beserta Pengaruhnya di Affiliate Marketing

Bagaimana Meningkatkan Crawlability?

  • Hindari Jalan Buntu: Pastikan setiap halaman di situs kamu mengarah ke halaman lain. Ini seperti membuat peta di mana setiap jalan membawa ke tempat lain, tidak ada yang buntu.
  • Tautan Internal: Sertakan tautan yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lain di situs kamu. Ini seperti membuat jembatan antar halaman, memudahkan robot mesin pencari untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
  • Gunakan Breadcrumbs: Ini adalah jejak kecil di bagian atas halaman yang menunjukkan di mana kamu berada di situs ini dan juga membantu google atau bot untuk memahami struktur yang ada pada website kamu.
  • Data Terstruktur: Gunakan format data yang teratur dan rapi. Ini seperti memberikan mesin pencari petunjuk dan tkamu agar lebih mudah memahami situs kamu.
  • Pantau Crawl Budget kamu: Crawl budget adalah jumlah halaman di situs kamu yang Google rayapi dalam waktu tertentu. Mengenalinya membantu kamu memastikan bagian penting situs kamu sering dikunjungi oleh Googlebot.

Baca Juga: Mengenal Breadcrumbs SEO dan Pentingnya Diterapkan pada Blog

Struktur URL

Membuat URL yang mudah dibaca sangat penting. URL yang baik seperti peta bagi pengguna dan mesin pencari. Mereka harus mengandung kata kunci dan menggambarkan isi halaman. Jangan buat URL terlalu rumit atau panjang.

Contoh URL yang Baik:

  • URL Sederhana: https://contohwebsite.com/tips-seo
  • Mengapa Ini Baik: URL ini pendek, mudah dibaca, dan langsung memberi tahu pengguna serta mesin pencari apa topik halamannya. Kata kunci "tips-seo" jelas dan deskriptif.

Contoh URL yang Terlalu Rumit dan Panjang:

  • URL Rumit: https://contohwebsite.com/2023/12/15/category/subcategory/archive/article/id123456789-tips-untuk-meningkatkan-seo-dan-performa-website-kamu
  • Mengapa Ini Tidak Baik: URL ini terlalu panjang dan rumit, mengandung banyak folder/subfolder dan nomor ID yang tidak perlu. Selain itu, deskripsi pada akhir URL terlalu panjang dan kurang efektif untuk SEO.

Dengan membandingkan kedua contoh ini, mudah terlihat bahwa URL yang lebih pendek, lebih langsung, dan lebih deskriptif lebih baik untuk pengalaman pengguna dan optimasi mesin pencari.

Baca Juga: Pelajari Pentingnya URL Taxonomy pada Website, Serta Dampaknya untuk SEO

Protokol HTTP, HTTPs, HTTP2

Keamanan situs sangat penting. HTTPS, yang merupakan versi aman dari HTTP, membantu melindungi informasi pengguna dan meningkatkan kepercayaan mereka. Google juga lebih menyukai situs yang aman, jadi mengadopsi HTTPS bisa meningkatkan peringkat situs kamu.

Tautan Internal

Tautan internal adalah jembatan yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lain di situs kamu. Ini membantu pengguna dan mesin pencari menemukan konten kamu dengan mudah. Pastikan setiap halaman memiliki tautan ke halaman lain di situs kamu.

Konten dan Kata Kunci

Konten yang berkualitas tinggi dan penggunaan kata kunci yang tepat adalah inti dari SEO yang baik. Konten kamu harus informatif, bermanfaat, dan relevan dengan kata kunci yang ditargetkan. Jangan lupakan bahwa faktor pengalaman dapat menjadi salah satu indikasi bahwa konten tersebut memiliki kualitas yang baik.

Mencegah Duplikasi Konten

Hindari konten yang sama atau sangat mirip di berbagai halaman di situs kamu, karena ini bisa mengurangi peringkat situs. Gunakan tag canonical untuk menunjukkan versi utama dari halaman yang serupa.

Pengalaman Pengguna dan Navigasi

Situs yang mudah dinavigasi menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, yang juga mendukung SEO. Pastikan pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah di situs kamu.

Core Web Vitals

Core Web Vitals dari Google mengukur aspek-aspek seperti kecepatan loading, interaktivitas, dan stabilitas visual. Ini semakin penting dalam SEO, jadi pastikan situs kamu memenuhi stkamur ini.

Ramah Mobile

Dengan banyaknya pengguna yang mengakses internet melalui perangkat mobile, penting untuk memiliki situs yang responsif dan mudah diakses dari berbagai perangkat.

Performa Optimal

Kecepatan loading, penggunaan cache, dan kompresi gambar adalah beberapa cara untuk meningkatkan performa situs kamu. Situs yang cepat dan responsif menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mendukung SEO.

Kesimpulan

Memahami dan menerapkan aspek-aspek struktur situs yang telah kita bahas dapat memberikan dampak signifikan terhadap performa SEO situs kita. Ingat, SEO bukan hanya tentang kata kunci, tetapi juga tentang menyediakan pengalaman terbaik bagi pengguna kita.

Bergabunglah dengan Komunitas Kami di Telegram Accesstrade Indonesia

 

Artikel ini telah direview oleh:   

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade 

Semua Screenshot pada Artikel dibuat oleh Team Konten Accesstrade pada Desember 2023

Sumber Feature Image: Freepik

 

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait