Ide Konten Hits dan Jitu untuk Jualan Makin Laku!

Ide Konten Hits dan Jitu untuk Jualan Makin Laku!

Admin
Apr 02, 2024
SHARE ON
1712042986_ide-konten-tiktok-affiliate.jpg

Sebagai seorang konten kreator, menghasilkan ide konten yang fresh dan selalu relevan adalah kunci untuk menjaga para followers tetap engage dan hal ini berpotensi untuk menjadi sumber income tambahan. Apalagi dengan popularitas yang terus meningkat, platform TikTok telah menjadi lahan bagi para konten kreator untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka dan memarketingkan produk melalui sistem affiliate. Dari challenge-challenge yang menarik hingga unboxing produk, setiap jenis konten memiliki daya tariknya sendiri dan dapat menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Oleh karena itu, memahami berbagai jenis konten yang berhasil di TikTok menjadi penting bagi para konten kreator yang ingin mengoptimalkan potensi affiliate marketing mereka.

Apa Saja Jenis Konten Tiktok Affiliate yang Populer?

Berikut beberapa jenis konten affiliate yang sering digunakan dan banyak peminatnya pada platform tiktok, diantaranya adalah:

1. Konten OOTD (Outfit of the Day)

Jenis konten affiliate yang populer di tiktok berikutnya adalah Konten OOTD. Konten ini di TikTok cukup populer karena dapat sharing inspirasi fashion kepada followersmu. Misalnya, kamu dapat membuat video yang menampilkan outfit yang kamu pakai hari itu beserta detail dari setiap item pakaian dan aksesori.

@Frinanaila adalah kreator yang terkenal dengan konten OOTD-nya yang stylish dan beragam. Dia sering sharing inspirasi outfit ngampus, mulai dari kasual hingga formal.

2. Review Produk

Ide konten tiktok affiliate yang pertama adalah mereview produk. Review produk di TikTok adalah cara yang efektif untuk memberikan informasi yang berguna kepada pengikutmu. Misalnya, kamu dapat membuat video pendek yang menampilkan cara penggunaan dan manfaat suatu produk, serta memberikan review yang jujur berdasarkan pengalamanmu.

Seorang kreator TikTok seperti @yourlittlejelly, sering membuat review produk kosmetik lokal dan internasional. Dia memperlihatkan hasil penggunaan produk dengan menunjukkan tekstur, warna, dan daya tahannya, yang membantu pengikutnya untuk membuat keputusan pembelian yang lebih baik. Nisha juga tidak lupa untuk menyematkan link tautan pada bio yang berupa list produk-produk yang direkomendasikan pada kontennya.

3. Video Tutorial atau How-To

Salah satu ide konten tiktok affiliate tanpa wajah yang bisa Kamu lakukan adalah membuat video tutorial. Video tutorial atau how-to di TikTok adalah cara yang bagus untuk berbagi pengetahuan atau keterampilan sesuatu dengan para pengikutmu. Misalnya, kamu dapat membuat tutorial step-by-step tentang cara menggunakan suatu produk atau cara melakukan kegiatan tertentu.

Contoh konten kreator TikTok yang membuat video how-to adalah @ronaldandrian.k dimana terkenal dengan tutorial memasaknya yang sederhana dan mudah diikuti. Dia sering membagikan resep masakan dengan langkah-langkah yang jelas dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Dalam pembuatan videonya pun, Ronald fokus pada step-by-step dalam mengolah makanan tersebut dan tanpa menampilkan wajah. Tak lupa, Ronald pun menyematkan link tautan yang mengarahkan kepada peralatan masak yang direkomendasikan dalam konten-kontennya.

Baca juga: Cara Monetisasi Tiktok Agar Bisa Hasilkan Cuan

4. User Generated Content

Konten user generated atau UGC di TikTok melibatkan followers mu dalam proses pembuatan konten. Misalnya, kamu dapat membuat challenge yang mengajak para followers untuk membuat konten yang menampilkan penggunaan produk tertentu. Dengan cara ini, UGC dipercaya akan meningkatkan kepercayaan para target audiens atau followers Kamu. Jenis konten UGC dapat dimanfaatkan jika kamu sedang kehabisan ide atau kesulitan dalam Membuat Plan Konten Tiktok Affiliate.

Seorang kreator seperti @wheretheavocadoesz yang terkenal dengan konten UGC-nya seputar produk kecantikan. Dia secara konsisten membagikan tutorial makeup, review skincare, dan rekomendasi produk favorit kepada followersnya.

5. Konten Before-After

Konten before-after di TikTok dapat menunjukkan perubahan yang signifikan setelah kamu menggunakan suatu produk atau melakukan suatu aktivitas. Misalnya, kamu dapat membuat video yang memperlihatkan perubahan pada rambut setelah menggunakan produk perawatan rambut tertentu.

Salah satu kreator seperti @orianna_skin, sering membagikan konten before-after tentang perjalanan perawatan kulitnya. Dia menunjukkan perubahan pada kulit wajahnya setelah menggunakan berbagai produk skincare. Dengan konten seperti ini, Indri bisa mendapatkan fee affiliate melalui produk-produk yang direkomendasikan, jika followersnya membeli produk melalui link tersebut.

6. Video Unboxing

Video unboxing di TikTok adalah cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan produk baru kepada followers-mu. Misalnya, kamu dapat membuat video yang menampilkan proses membuka kemasan suatu produk dengan reaksi spontan. Gadgetin dikenal sebagai salah satu channel atau influencer yang jujur dalam review produk, sehingga banyak audiens yang mempercayai rekomendasi dari gadgetin. Dari cara review gadgetin kita dapat mempelajari mengenai pentingnya membangun trustworthiness kepada audiens.

@GadgetIn sering membuat video unboxing gadget terbaru di TikTok. Dia menunjukkan isi dari kemasan tersebut dengan detail dan memberikan review tentang fitur-fitur utama dari gadget tersebut.

Baca juga: 6 Cara Simpel Memaksimalkan Bio Tiktok

7. Perbandingan atau Comparison Produk

Konten perbandingan atau comparison produk di TikTok membantu pengikutmu untuk memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Misalnya, kamu dapat membuat video yang membandingkan dua produk sejenis berdasarkan kualitas, harga, dan fitur.

Kreator seperti @amorfandy, sering membuat video perbandingan antara brand sepatu yang populer. Dia membandingkan dari segi looks, kenyamanan, kualitas, harga, dan gaya dari dua produk yang serupa untuk membantu pengikutnya membuat keputusan pembelian yang lebih baik. Dan tak lupa juga, dia menautkan link beberapa rekomendasi produk yang digunakan.

8. Day in the Life

Konten "Day in the Life" di TikTok memberikan point of view yang intim tentang kehidupan sehari-hari sebagai seorang konten kreator. Misalnya, kamu dapat membuat video yang memperlihatkan rutinitas harian mu dan bagaimana suatu produk tertentu menjadi bagian dari kehidupanmu.

Seperti contoh @IIealinaa yang membranding dirinya sebagai “mba wife” dimana sering membagikan konten "Day in the Life" tentang kehidupan sehari-harinya sebagai seorang istri dan ibu. Dia menunjukkan bagaimana produk-produk tertentu membantunya dalam mengurus anak-anaknya dan menjalani rutinitas harian.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tools Editing dan Spesifikasi Video Tiktok

9. Daftar Rekomendasi Produk

Konten daftar rekomendasi produk di TikTok membantu para followers untuk menemukan produk-produk terbaik dalam kategori tertentu. Misalnya, kamu dapat membuat video yang menampilkan daftar produk skincare pria favorit untuk jenis kulit tertentu.

@dergans15 sering membagikan daftar rekomendasi produk skincare untuk para pria. Dia secara rutin membuat video tentang produk-produk favoritnya untuk membersihkan wajah, menghidrasi kulit, dan pengetahuan basic seputar perawatan muka.

10. Konten DIY

Konten DIY atau do it yourself di TikTok memungkinkan kamu untuk berbagi ide-ide kreatif dan projects yang dapat dilakukan sendiri. Misalnya, kamu dapat membuat tutorial step-by-step tentang cara membuat kerajinan dari bahan-bahan rumahan.

Seperti yang dilakukan Tasya, dengan tema konten “obrak abrik”, Tasya mengubah karung goni menjadi sebuah tas, serta sampah-sampah plastik yang ada di rumah menjadi suatu hiasan pada sandal, dan hal ini menambah kesan elegan pada sandal tersebut. Ide konten tiktok tanpa wajah seperti ini pun sangat cocok buat Kamu yang tidak ingin tampil depan kamera, dimana Kamu bisa fokus terhadap proses pengerjaan pada kerajinan yang Kamu buat.

Baca juga: Cara Monetisasi Tiktok Agar Bisa Hasilkan Cuan

11. Konten Tips dan Trik

Untuk konten-konten seputar tips dan trik di TikTok merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan views, apalagi konten yang Kamu buat sangat relevan dan related bagi kebanyakan orang. Misalnya, kamu dapat memberikan tips tentang cara mengatur keuangan, meningkatkan produktivitas, atau merawat tanaman dalam video-video singkat yang informatif.

Seperti yang dilakukan oleh felicia, dimana dia cukup terkenal dengan konten tips dan triknya seputar keuangan dan investasi. Dia sering membagikan saran-saran tentang cara menghemat uang, berinvestasi, atau membuat anggaran bulanan yang efektif. Dengan memberikan informasi yang bermanfaat dan mudah dipahami, @felicia.tjiasaka membantu followersnya untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mencapai tujuan financial yang diinginkan.

Tertarik dengan jenis konten seperti ini? Ayo bergabung dalam komunitas kami untuk mendapatkan update terbaru seputar pemasaran afiliasi dan pembuatan konten. Cukup klik tautan di bawah ini untuk bergabung dengan grup Telegram kami sekarang!

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait