Contoh Konten Sederhana yang Wajib Kamu Tahu bagi YouTuber Pemula

Contoh Konten Sederhana yang Wajib Kamu Tahu bagi YouTuber Pemula

Admin
Mar 20, 2024
SHARE ON
1710907200_ide-konten-youtube-untuk-pemula.jpg

Seiring dengan perkembangan teknologi, platform video seperti YouTube telah menjadi salah satu media paling populer bagi para content creator. Namun, menjadi seorang YouTuber bukanlah hal mudah. Dalam upaya untuk menarik perhatian viewers dan membangun basis audiens yang kuat, penting bagi seorang YouTuber pemula untuk memahami dan menguasai konsep-konsep dasar dalam pembuatan konten yang sederhana serta efektif. Dengan mencoba berbagai jenis konten seperti tutorial, review produk, vlog, atau unboxing, seorang YouTuber pemula dapat menemukan jenis konten yang paling mereka nikmati dan yang paling resonan dengan audiens mereka. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk tambah referensi konten dan grow akun YouTube Kamu

Konten apa yang cocok untuk YouTube pemula?

Berikut adalah beberapa referensi konten yang bisa diterapkan pada akun YouTube Kamu:

1. Vlog Sehari-hari

Konten vlog sehari-hari merupakan pilihan yang sangat cocok bagi pemula di YouTube. Dalam konten ini, Kamu dapat berbagi pengalaman dan aktivitas sehari-hari Kamu dengan audiens, membangun koneksi yang lebih dalam dengan mereka. Misalnya, Kamu bisa membagikan keseharian Kamu mulai dari rutinitas pagi, kegiatan di tempat kerja atau sekolah, hingga momen-momen spesial atau challenge yang Kamu hadapi. Contoh channel YouTube Indonesia yang sukses dengan konten vlog sehari-hari termasuk Atta Halilintar dan Raditya Dika. Melalui channel-channel seperti ini, Kamu dapat memperoleh inspirasi dan ide konten youtube modal HP yang menarik dan relevan bagi audiens Kamu.

2. Honest Review

Honest review adalah jenis konten yang populer di YouTube, di mana para pembuat konten memberikan review ??tentang produk, layanan, atau pengalaman tertentu. Dalam konten ini, penting untuk memberikan pendapat yang objektif dan transparan kepada audiens agar mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik. Bahasan yang mungkin cocok untuk konten honest review adalah menyoroti kelebihan dan kekurangan produk berdasarkan pengalaman pribadi mereka setelah menggunakannya. Melalui pendekatan yang jujur dan transparan, mereka dapat membangun trustworthiness dengan audiens dan memperoleh followers yang loyal.

Contoh channel YouTube Indonesia yang sukses dengan konten honest review termasuk GadgetIn. GadgetIn adalah salah satu channel YouTube yang fokus pada review gadget dan teknologi. David GadgetIn memberikan review yang sangat detail dan jujur ??tentang berbagai produk teknologi, seperti smartphone, laptop, kamera, dan lain-lain. Melalui kontennya, GadgetIn membantu audiens untuk membuat keputusan yang lebih baik sebelum membeli produk.

Baca juga: Penambahan ‘E’ Experience pada E-A-T Google Guidelines

3. Tutorial Memasak / Resep

Tutorial memasak atau resep adalah jenis konten yang cukup banyak peminatnya di YouTube, terutama karena banyak orang mencari inspirasi dan panduan memasak saat di rumah. Dalam konten ini, Kamu bisa share step-by-step yang mudah diikuti untuk membuat hidangan lezat dari berbagai jenis masakan. Beberapa bahasan yang cocok untuk konten tutorial memasak termasuk, resep masakan tradisional, makanan diet serta resep pembuatan pastry. Kamu bisa berbagi teknik memasak masakan tradisional, membantu audiens dalam menjaga pola makan yang seimbang dan mengajarkan cara membuat berbagai jenis kue, roti, dari awal hingga akhir.

Contoh channel YouTube Indonesia yang sukses dengan konten tutorial memasak ialah Chef Arnold Poernomo. Di channel ini, Arnold Poernomo berbagi berbagai konten seputar masakan dan kuliner, termasuk tutorial memasak, resep masakan, vlog kuliner, serta challenge memasak.

4. Cover Musik / Lagu

Bagi Kamu yang tertarik untuk membuat konten cover musik atau lagu di YouTube, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Konten cover musik/lagu adalah pilihan yang bagus karena memungkinkan Kamu untuk mengekspresikan skill musik, sembari membangun audiens dan grow akun YouTube Kamu. Sheryl Sheinafia adalah salah satu penyanyi dan musisi yang juga aktif di YouTube. Dia sering mengunggah konten cover lagu-lagu populer dan juga beberapa karyanya sendiri.

Berikut adalah beberapa tips bagi pemula yang ingin membuat konten cover musik atau lagu:

  • Mulailah dengan memilih lagu-lagu yang sesuai dengan gaya musik dan kemampuan vokalmu. Pilih lagu-lagu yang populer dan dikenal oleh banyak orang, tetapi juga jangan ragu untuk menambahkan aransemen unik versi Kamu.
  • Meskipun Kamu melakukan cover, cobalah untuk memberikan sentuhan orisinalitas dalam penampilanmu. Misalnya, tambahkan harmoni vokal, pengaturan musik yang berbeda, atau elemen visual yang menarik.
  • Kamu juga bisa mencoba untuk berkolaborasi dengan musisi lain, baik secara online maupun secara langsung. Ini dapat menambah dinamika dalam video dan memperluas jangkauan audiens Kamu.

5. Top 10 List

Konten Top 10 List adalah pilihan yang cocok bagi pemula di YouTube karena relatif mudah untuk dibuat dan memiliki potensi untuk menarik perhatian banyak orang. Dalam konten ini, Kamu bisa menyajikan daftar topik atau perbandingan dari berbagai hal yang menarik, seperti film, musik, buku, produk, tempat wisata, dan banyak lagi. Konten ini juga cenderung memiliki daya tarik yang tinggi bagi audiens karena mereka tertarik untuk mengetahui apa yang masuk dalam daftar tersebut. Kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk membuat audiens-mu engage, dengan cara mengajukan polling tentang preferensi topik apa yang ingin followers Kalian ketahui untuk konten berikutnya.

Baca juga: 6 Cara Mudah Dapat Uang Dari Youtube Selain Adsense

6. Video Menggambar / Melukis

Konten YouTube tentang video menggambar atau melukis adalah pilihan yang cocok ketika Kamu memiliki minat dalam seni visual. Melalui konten youtube tanpa wajah ini, Kamu dapat membagikan skill dalam menggambar atau melukis, serta menginspirasi orang lain untuk mengeksplorasi kreativitas mereka. Ide konten yang cocok adalah seperti tutorial step-by-step tentang teknik-teknik menggambar atau melukis, proses pembuatan dari awal hingga selesai, dan bahkan merekam time lapse dari karya yang sedang dibuat.

Contoh channel YouTube Indonesia yang sukses dengan konten video menggambar atau melukis adalah Rizkyamom Channel. Channel ini membahas tips mendapatkan ide dalam menggambar disertai time lapse dalam proses menggambar.

7. Konten Fitness dan Kesehatan

Konten YouTube tentang fitness dan kesehatan merupakan pilihan yang sangat cocok untuk Kamu yang memberikan kontribusi positif dan membantu membangun komunitas yang sehat. Berikut adalah beberapa ide konten yang ingin memulai channel YouTube tentang fitness dan kesehatan:

Kamu bisa membuat video tutorial tentang latihan-latihan yang mudah dilakukan di rumah atau di gym. Jelaskan langkah-langkahnya, teknik yang benar, dan manfaat dari setiap latihan. Bagikan rutinitas harian atau mingguan tentang pola makan sehat, olahraga, dan gaya hidup yang seimbang.

Ajak audiens Kamu untuk ikut serta dalam challenge terkait fitness tertentu, seperti 30 hari plank challenge atau 7 hari diet sehat. Lakukan update secara berkala tentang perkembangan dan hasil dari challenge tersebut.

Bagikan resep makanan sehat yang mudah untuk disiapkan di rumah. Jelaskan manfaat dari setiap bahan makanan yang digunakan dan berikan alternatif pengganti untuk bahan-bahan yang kurang sehat.

Contoh channel YouTube tentang fitness dan kesehatan adalah Dunia Ade Rai dimana menunjukkan bagaimana konten-konten ini dapat disajikan dengan cara yang informatif, inspiratif, dan mudah dipahami oleh pemula serta penonton yang ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran mereka.

8. ASMR Video

Konten ASMR merupakan opsi bagi pemula di YouTube yang ingin eksplor hal-hal baru yang mungkin tidak banyak dilakukan oleh content creator lainnya. ASMR berfokus pada suara-suara, gerakan dan situasi yang merilekskan, Kamu bisa membuat video yang men-trigger sensasi ASMR kepada para penonton. Channel YouTube seperti "QEI ASMR" dari Indonesia menunjukkan bagaimana konten ASMR dapat dibuat dengan format makan sesuatu dalam jumlah banyak. Sensasi saat mengunyah makanan atau meminum sesuatu, berhasil membuat penontonnya merasa ngiler dan ingin mencoba makanan yang sama. Dengan kreativitas dan mencoba berbagai eksperimen, Kamu dapat menemukan gaya ASMR versi sendiri dan membangun channel yang menarik bagi penggemar ASMR di platform YouTube.

9. Review Buku atau Film

Kalau Kamu memiliki minat baca dan suka nonton film, membuat konten YouTube tentang review buku atau film adalah pilihan yang tepat. Melalui konten ini, Kamu bisa berbagi opini dan analisa tentang berbagai buku atau film kepada penonton. Ide konten yang cocok adalah, Kamu bisa share tentang plot cerita, karakter, tema, serta kesan pribadi terhadap karya tersebut. Kamu juga bisa menambahkan elemen kreatif, seperti animasi dari buku atau film yang sedang direview. Contoh channel YouTube Indonesia yang sukses dengan konten review buku adalah "Fellexandro Ruby". Channel ini membantu para viewers untuk tau isi buku tanpa harus membaca buku tersebut secara keseluruhan. Fellexandro Ruby mencoba untuk membuat ringkasan dari buku tersebut dengan animasi yang menarik, sehingga penonton merasa dibacakan buku oleh si creator.

10. Podcast

Podcast merupakan format video yang memungkinkan Kamu untuk berbicara tentang topik tertentu secara mendalam, sering kali dengan gaya yang santai maupun formal. Untuk pemula, ide konten yang cocok untuk di awal adalah membahas topik-topik yang dekat dan kamu pahami. Kemudian, Kamu bisa mengundang tamu atau tokoh terkenal untuk di wawancarai, dimana bisa membahas hal pribadi atau bahkan topik viral untuk riding the wave. Salah satu podcaster yang populer di YouTube adalah Deddy Corbuzier, di mana Deddy Corbuzier berdiskusi tentang berbagai topik menarik dengan para tokoh terkenal. Podcast ini sering kali memberikan wawasan tentang topik seperti kesehatan, money management, kehidupan pribadi, topik yang sedang hangat diperbincangkan, serta menjadi sumber inspirasi bagi banyak penontonnya.

11. Tips Liburan

Hobi membuat video blog atau nge-vlog sekarang bukanlah sesuatu yang aneh lagi. Vlog jalan-jalan masih menjadi pilihan favorit banyak orang saat pertama kali mencoba vlogging. Konten perjalanan sering dianggap menarik bagi vlogger pemula karena memamerkan keindahan pemandangan dan secara tidak langsung memberikan pengetahuan tentang tempat yang dikunjungi.

Untuk konten tips liburan, Kamu bisa fokus pada memberikan saran dan ide untuk liburan yang berkesan, sehingga Kamu dapat menarik attention penonton yang sedang merencanakan trip liburan. Ide konten yang bisa Kamu terapkan adalah tips packing, rekomendasi destinasi liburan, pengalaman perjalanan pribadi, budgeting, perencanaan, serta aktivitas dan tempat wisata yang menarik.

Contoh channel YouTube Indonesia yang sering share pengalaman liburan adalah Teman Tapi Menikah. Konten mereka cukup viral ketika share pengalaman berlibur ke New Zealand dan menaiki campervan selama liburan.

12. Cerita Horor atau Misteri

Konten YouTube yang membahas cerita horor atau misteri biasanya adalah video yang memuat kisah-kisah seram menegangkan dalam format storytelling. Pada format konten ini, Kamu bisa membacakan cerita-cerita horor dari internet, membahas film dan kisah misteri yang terkenal, membuat podcast yang membahas hal-hal creepy atau pengalaman supranatural dari berbagai narasumber. Seperti halnya Nessie Judge, YouTuber Indonesia ini berhasil dengan konten #Nerror dimana sering membahas cerita-cerita horor dan misteri yang ada di internet. Nessie dikenal dengan gaya penyampaiannya yang khas serta analisa yang dalam dari setiap kisah yang dibawakan.

13. Konten Outfit atau Fashion

Untuk Kamu yang tertarik dalam membuat konten outfit atau fashion di YouTube, ada beberapa ide konten yang perlu Kamu ketahui:

Membuat video lookbook atau outfit of the day (OOTD) adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan style pribadi Kamu pada para viewers. Kamu bisa memperlihatkan berbagai kombinasi pakaian untuk berbagai kesempatan atau musim.

Kamu juga dapat memberikan tips dan trik fashion kepada penonton Kamu, seperti cara memadupadankan pakaian, memilih aksesori yang tepat, atau bagaimana memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh.

Buatlah video haul fashion dimana Kamu dapat memperlihatkan pakaian dan aksesori yang baru dibeli. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk share rekomendasi produk kepada audiens Kamu.

Seperti hal yang dilakukan oleh Molita Lin, dimana kontennya cukup viral saat membagikan tips terkait “everyday outfit ideas | 10 pieces, 19 looks”. Dalam kontennya, Molita Lin coba memadupadankan hanya dengan 10 pieces pakaian yang bisa mempunyai 19 alternatif looks yang berbeda. Konten tersebut sudah ditonton oleh 927K views, yang menandakan konten rekomendasi outfit atau fashion sangatlah banyak peminatnya.

14. Konten Video Reaction

Konten video reaction adalah salah satu genre yang populer di YouTube, terutama di kalangan anak muda. Dalam konten ini, seorang pembuat konten akan merekam reaksinya saat menonton video, seperti video musik, trailer film, atau video lucu di internet. Konten video reaction dapat menjadi pilihan yang menarik karena memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung dengan konten yang sudah ada, sambil menampilkan kepribadian dan reaksi spontan kepada penonton. Ini juga memberi kesempatan untuk menarik perhatian penonton dengan menampilkan reaksi yang lucu, terkejut, atau terharu.

Salah satu contoh channel YouTube yang sukses dalam konten video reaction adalah Rizalmuk. Rizalmuk adalah content creator asal Indonesia yang dikenal karena konten-konten video reactionnya yang lucu dan menghibur. Dia sering merekam reaksinya saat menonton video-video lucu di internet, dan kemudian berbagi reaksinya dengan penonton. Melalui gaya reaksinya yang khas, Rizalmuk telah berhasil membangun audiens yang besar di YouTube.

Kamu suka sama konten begini? Yuk gabung di komunitas kita buat dapetin info terbaru tentang affiliate marketing dan seputar pembuatan konten di social media. Tinggal klik link di bawah buat masuk ke grup Telegram kita sekarang.

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait