Lebih Dekat dengan Audience Melalui Social Media Monitoring

Lebih Dekat dengan Audience Melalui Social Media Monitoring

Admin
Feb 05, 2024
SHARE ON
1707127612_lebih-dekat-dengan-audience-melalui-social-media-monitoring.jpg

Tahukah kamu bahwa social media bukan hanya sekedar buat konten dan strategi saja. Namun, kamu perlu melakukan social media monitoring agar bisa memahami dan dekat dengan konsumen atau audience secara online.

Namun, aktivitas social media monitoring ini tidak cukup menggunakan fitur yang ada social media saja. Kita memerlukan tools tambahan. Tools apa saja yang bisa digunakan untuk social media monitoring? Nah, daftar tools nya akan diinfokan di artikel ini. Namun, kita sebaiknya pahami dulu mengenai social media monitoring.

Apa itu Social Media Monitoring

Social media monitoring adalah suatu proses mengawasi atau mengamati hal-hal yang terjadi di social media yang dikelola. Hal-hal yang terjadi ini meliputi pembicaraan publik mengenai suatu brand, produk, isu, seseorang dan lain-lain.

Pembicaraan publik terkait brand seperti brand mention, review, pertanyaan tentang produk, dan layanan komplain. Contohnya, Instagram brand Wardah berikut:

Namun, social media monitoring tidak hanya sebatas komentar langsung pada postingan, seperti di postingan wardah di atas. Lalu bagaimana memonitor penyebutan namamu tanpa nge-tag akunmu. Hal ini mungkin akan sulit dilacak. Oleh karena itu, social media monitoring butuh tools tambahan.

Tools untuk Social Media Monitoring

Berikut beberapa tools social media monitoring:

  • Sprout Social
  • Hootsuite
  • Hubspot
  • DXT360
  • Brand24
  • Mentionlytics
  • Brandwatch
  • Keyhole
  • Indonesia Indicator
  • Agorapulse

Manfaat Social Media Monitoring

Berikut beberapa manfaat social media monitoring:

1. Lebih Dekat dengan User

Konsumen atau audiences merasa di-support dan didengarkan. Hal ini sesuai dengan data dari Index Sprout Social, bahwa :

  • 76% konsumen menghargai perusahaan atau brand yang memprioritaskan customer service atau customer support
  • 76% konsumen menghargai perusahaan atau brand yang bisa merespon dengan cepat
  • 70% konsumen berharap bahwa perusahaan atau brand bisa memberi respon personalisasi

Engagement yang tinggi serta memaksimalkan User Experience merupakan hal penting yang termasuk dalam salah satu faktor algoritma sosial media yang memungkinkan konten kamu mendapatkan kesempatan exposure yang lebih luas lagi.

2. Membangun Persepsi Brand

Membangun persepsi dan pendapat konsumen dan audiences terhadap suatu brand. Berdasarkan data Sprout Social:

  • 69% konsumen berharap bahwa perusahaan atau brand di social media bisa merespon dalam satu hari.
  • 51% berpendapat bahwa perusahaan atau brand yang paling berkesan di social media adalah mereka yang merespons pelanggan.

Misalnya, kamu me-mention sebuah akun di postingan atau story Instagram. Sebagian kamu pasti berharap akun tersebut memberikan respon berupa like story, atau send message melalui DM, atau add to story di story akun tersebut. Terus, kamu mungkin akan merasa senang ketika mendapatkan respon tersebut.

3. Alat Analisa Kompetitor

Sebagai alat untuk analisis kompetitor karena kamu bisa memantau pembicaraan orang-orang di social media mengenai si kompetitor. Kamu bisa mengetahui pujian dan keluhan orang-orang terhadap kompetitor tersebut. Hal ini tentu bisa menjadi insight tambahan untuk meningkatan kualitas produk atau layanan kamu.

Baca juga: Brand Awareness Social Media: Strateginya untuk Affiliate Marketer

Bagaimana Social Media Monitoring Bekerja

Social media monitoring bisa dilakukan dengan menggunakan tools. Tools ini berbasis algoritma yang menelusuri (crawling) dan mengenal (meng-index-nya)situs social media. Setelah situs social media diindeks, situs tersebut dapat dicari berdasarkan query atau kata kunci. Nah, kamu bisa menemukan mention dan obrolan mengenai brand kamu di social media tertentu.

Kamu masih bingung untuk menerapkan social media monitoring? Yuk belajar bareng dengan teman-teman sosmed lain, serta bersama expert di telegram di bawah ini. Kamu bisa berdiskusi dan sharing pengalaman untuk menambah insight baru.

https://t.me/accesstradeindonesia

References:

  • https://www.expert.ai/blog/social-media-monitoring-definition/
  • https://www.bigcommerce.com/ecommerce-answers/what-social-media-monitoring/
  • https://sproutsocial.com/insights/social-media-monitoring/
  • https://sonarplatform.com/id/23-tools-social-media-monitoring-platform-indonesia/

Baca juga: 17 Contoh Affiliate Marketing di Berbagai Fitur Social Media

 

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait