blogs - komputer

Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook dan Ultrabook

10 Dec 04, 2020
Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook dan Ultrabook

Sampai sekarang ini, banyak orang yang masih memukul rata untuk suatu istilah yang sebenarnya memiliki kelas atau kategori sendiri. Salah satu contohnya adalah perangkat komputer jinjing. Sejauh ini ada 4 kategori untuk perangkat elektronik tersebut, mulai dari yang dikenal dengan nama laptop, notebook, netbook sampai dengan ultrabook.

Kenapa harus ada 4 nama untuk satu produk yang memiliki fungsi sama tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing istilah itu.

Laptop

Laptop

Laptop adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data atau bermain game dengan kemudahan untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Ukurannya relatif  besar dengan layar di atas 17 inci. 

Dikarenakan besar, maka perangkat elektronik satu ini juga memiliki bobot yang lumayan berat, yaitu sekitar 3 kilogram ke atas. Walaupun sekarang ini banyak orang sudah sangat jarang menggunakan DVD drive, akan tetapi ciri utama dari laptop selalu menyertakan drive ROM untuk memasukkan kepingan tersebut. 

Untuk mesin yang digunakan, laptop dilengkapi dengan prosesor, kartu grafis sampai dengan RAM dan ROM yang cukup besar. Hanya saja daya tahan baterai yang tersemat di dalamnya tidak terlalu dapat bertahan sampai berjam-jam lamanya. Harga laptop sendiri juga lebih mahal karena fungsinya yang sangat beragam.

Notebook

Notebook

Sebenarnya notebook ini memiliki kemiripan dengan laptop, hanya saja ada beberapa yang sedikit dikecilkan. Dengan artian bahwa notebook ini merupakan versi mini dari laptop. Contohnya saja ukuran layarnya lebih kecil dengan kisaran dari 13 inci sampai batas maksimal 15 atau 17 inci. Selain itu, notebook lebih ringan dibandingkan dengan laptop.

Netbook juga tidak dilengkapi dengan drive untuk DVD-ROM karena dapat membuat bentuk dan desainnya menjadi aneh dan bulky. Untuk prosesor sampai dengan mesin-mesin lain yang tersemat di dalamnya kurang lebih masih sama seperti yang dipunyai laptop. Hanya saja baterainya memiliki kapasitas besar dan tahan lama.

Netbook

Netbook

Jika dibandingkan dengan laptop ataupun notebook, netbook memiliki ukuran layar yang lebih kecil. Walaupun ukurannya hampir sama dengan tablet, akan tetapi perbedaannya adalah netbook tetap berbentuk seperti komputer jinjing pada umumnya dengan deretan keyboard di sisi yang berlawanan dengan layar, sedangkan tablet hanya memiliki layar besar dengan keyboard tertanam di dalamnya.

Netbook memiliki spesifikasi yang cukup terbatas karena memang diciptakan untuk pengguna yang tidak terlalu aktif dan berbudget rendah. Oleh karena itu, jangan berharap ada netbook yang dilengkapi dengan jeroan bagus dan dapat digunakan untuk bermain game. Saat ini popularitas netbook sudah mulai meredup karena banyaknya produk tablet yang mempunyai kemampuan lebih.

Ultrabook

Ultrabook

Untuk ultrabook sendiri, produk satu ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama seperti notebook. Hanya saja desain yang dimiliki sangat minimalis dan bobotnya cukup ringan apabila dibandingkan dengan notebook. Rata-rata berat dari sebuah ultrabook adalah maksimal 1,5 kilogram dengan ketebalan sekitar 2 cm saja.

Dikarenakan ukurannya yang relatif tipis, maka ada banyak hardware yang tidak diikutsertakan di dalamnya seperti salah satunya adalah drive untuk DVD-ROM. Bahkan harddisk yang dipasangkan adalah SSD, bukan HDD pada umumnya. Walaupun ketangguhannya hampir sama seperti netbook, akan tetapi untuk harganya, produk ultrabook ini hampir menyamai atau bahkan melebihi harga laptop.