Tingkatkan Penghasilanmu dengan Pekerjaan di Internet yang Menghasilkan Uang Sampingan

Tingkatkan Penghasilanmu dengan Pekerjaan di Internet yang Menghasilkan Uang Sampingan

Admin
insights Apr 28, 2024
SHARE ON
1715757129_pekerjaan-di-internet-yang-menghasilkan-uang-sampingan.jpg

Di era digital seperti sekarang ini, internet telah membuka banyak peluang bagi siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Mengetahui tentang pekerjaan di internet yang menghasilkan uang sampingan, tidak hanya memberikan kebebasan finansial, tetapi juga memungkinkan fleksibilitas waktu dan lokasi. Dengan memanfaatkan potensi internet, seseorang dapat menjalani pekerjaan sampingan secara online tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama atau komitmen lainnya.

Apa Saja Pekerjaan Sampingan Online yang Bisa Menghasilkan Uang?

Berikut adalah beberapa pekerjaan online yang bisa menghasilkan uang dan berbagai skill yang dibutuhkan untuk tingkatkan penghasilanmu.

1. Blogging

Blogging telah menjadi salah satu cara mendapatkan uang sampingan dari internet. Dengan membuat konten yang menarik dan relevan, serta memahami strategi digital marketing seperti SEO (search engine optimization) dan affiliate marketing, seorang blogger dapat memperoleh penghasilan dari iklan, penjualan produk, atau layanan yang mereka promosikan. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan menulis yang baik, pemahaman SEO, dan skill konten marketing. Jika kamu tertarik untuk memulai penghasilan dari blog, silahkan simak ulasan kami mengenai cara efektif promosi affiliate marketing lewat blog.

2. Youtuber

Cara menghasilkan uang tambahan dari internet berikutnya adalah menjadi Youtuber. Seiring dengan meningkatnya popularitas long atau short form video, menjadi seorang Youtuber telah menjadi pilihan pekerjaan sampingan yang menarik. Melalui konten video yang menarik dan kreatif, seorang Youtuber dapat uang dari youtube selain Adsense yaitu pada umumnya dengan affiliate, endorsement dan penjualan merchandise. Skill wajib yang perlu dimiliki ketika ingin menjadi Youtuber adalah kemampuan dalam editing video, kreativitas membuat konten, dan memahami tentang target audiens mereka.

3. Mengikuti Survey Berbayar

Mengisi survei online menjadi cara mudah untuk mendapatkan uang sampingan. Ada banyak platform yang menyediakan survey berbayar bagi penggunanya seperti Jakpat ataupun Nusaresearch. Meskipun penghasilannya mungkin tidak sebesar pekerjaan lain, namun mengikuti survey berbayar dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan investasi waktu yang minim. Skill dalam memberikan tanggapan jujur serta akurat adalah hal penting untuk melakukan side hustle ini.

4. Dropshipper

Seorang dropshipper menjual produk tanpa perlu menyimpan stok fisik. Mereka bekerja sama dengan produsen untuk mengirimkan produk langsung ke pelanggan. Dengan memahami digital marketing, manajemen dalam inventaris, seorang dropshipper dapat memperoleh penghasilan yang signifikan. Skill yang dibutuhkan termasuk keterampilan online marketing, manajemen waktu, dan skill dalam negosiasi.

5. Admin Social Media

Banyak perusahaan atau influencer diluar sana membutuhkan bantuan dalam mengelola akun sosial media mereka. Sebagai seorang admin sosial media, tugasnya termasuk membuat konten, menjadwalkan posting, dan menjalin interaksi dengan para followers. Dengan pemahaman yang baik tentang platform sosial media dan dalam menganalisa performance, seorang admin sosial media dapat membantu meningkatkan engagement dari klien mereka. Skill yang diperlukan tentu dalam pembuatan konten, paham akan algoritma sosial media, dan kemampuan dalam analisis.

6. Influencer

Sebagai seorang influencer, seseorang dapat menghasilkan uang melalui endorsement produk atau layanan. Influencer yang memiliki audiens besar dan aktif dapat menarik perhatian brand untuk bekerja sama dalam berbagai marketing campaign. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan membangun engagement dengan para followers, skill dalam content creation, serta kemampuan bernegosiasi dengan brand atau klien.

Baca juga: Cara Jadi Influencer dengan Affiliate Sebagai Sumber Cuan

7. Reseller

Reseller membeli produk dengan harga grosir dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Mereka dapat menjual produk melalui platform online seperti e-commerce atau sosial media. Skill yang perlu kamu kuasai adalah terkakt market dan tren, skill negosiasi, dan kemampuan dalam manajemen produk yang akan di jual kembali.

8. Jual Foto dan Video

Untuk para fotografer dan videografer, menjual foto dan video dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang menarik. Mereka dapat menjual karya mereka melalui platform seperti Shutterstock, Adobe Stock, atau Etsy. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan fotografi dan videografi untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi.

9. Content Writer

Menjadi seorang content writer memungkinkan seseorang untuk menghasilkan uang melalui menulis artikel, blog post, atau konten web lainnya. Mereka dapat bekerja secara freelance atau untuk perusahaan seperti start-up dan agency. Skill yang dibutuhkan tentu memiliki kemampuan menulis yang baik, pemahaman tentang SEO dan strategi content marketing.

10. Preloved

Platform jual-beli preloved seperti eBay, Depop, atau bahkan di Instagram. Preloved menyediakan kesempatan bagi individu untuk menjual barang-barang bekas mereka secara online. Dengan memfoto produk yang baik, serta menetapkan harga yang kompetitif, seseorang dapat menghasilkan uang dari barang-barang yang tidak lagi mereka gunakan. Skill yang dibutuhkan termasuk skill dalam fotografi produk, pengetahuan tentang pasar barang bekas, copywriting dan skill dalam marketing.

11. Podcaster

Podcasting telah menjadi format media yang semakin populer untuk menyampaikan konten kepada audiens. Sebagai seorang podcaster, Kamu dapat menghasilkan uang melalui iklan dan sponsor. Kamu bisa menggunakan platform seperti YouTube atau Spotify untuk memulai sebagai seorang podcaster. Skill yang dibutuhkan adalah kemampuan public speaking yang baik untuk mengembangkan berbagai obrolan, kemampuan mengedit audio, dan mampu untuk merencanakan konten yang relevan atau sedang hangat diperbincangkan.

12. Penerjemah

Dengan kemampuan bilingual atau multilingual, seseorang dapat menghasilkan uang sebagai penerjemah. Mereka dapat bekerja secara freelance untuk menerjemahkan teks, dokumen, atau konten video dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Skill yang dibutuhkan termasuk menguasai bahasa yang ingin diterjemah, pemahaman yang baik tentang konteks budaya, dan gaya bahasa yang digunakan.

13. Gamer Online

Bagi para penggemar video game, menjadi seorang gamer online bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang. Melalui streaming game, konten YouTube, atau mengikuti kompetisi eSports, seorang gamer dapat memperoleh penghasilan dari iklan, donasi, sponsor, atau hadiah turnamen. Kamu perlu memiliki skill diatas rata-rata diantara para player lainnya, kemampuan untuk berinteraksi dengan audiens, dan skill dalam membangun personal branding sebagai gamer.

Baca juga: 21 Ide Konten TikTok Tanpa Wajah untuk Kreator Introvert

14. Mystery Shopper

Sebagai seorang mystery shopper, seseorang dapat mendapatkan uang dengan melakukan evaluasi terhadap layanan atau produk suatu perusahaan. Mereka memberikan feedback yang berguna kepada perusahaan untuk membantu meningkatkan kualitas layanan atau produk mereka. Jika ingin menjadi mystery shopper, Kamu perlu memiliki kemampuan observasi yang baik, membuat laporan yang jelas dan terperinci, serta keahlian dalam menyamarkan identitas saat melakukan peninjauan.

15. Bergabung dengan Program Affiliate

Program afiliasi memungkinkan seseorang untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain. Dengan memasarkan produk melalui tautan afiliasi di blog, website, atau sosial media, seseorang dapat menghasilkan uang dari setiap penjualan melalui tautan afiliasi mereka. Untuk menjadi affiliate, Kamu perlu paham terkait target market, kreatifitas dalam membuat konten serta menentukan niche yang tepat. Misalnya, jika Kamu memiliki blog tentang kecantikan, Kamu mungkin ingin bergabung dengan program afiliasi yang menawarkan produk perawatan kulit atau makeup. Hal ini tentu akan sangat berdampak ke konversi ketika Kamu sudah memiliki niche konten yang spesifik.

16. Membuka Kursus Online

Platform pembelajaran online seperti Udemy, Coursera, atau Teachable menyediakan kesempatan bagi seseorang untuk menjadi instruktur kursus online. Dengan membagikan pengetahuan atau keterampilan mereka tentang topik tertentu, seseorang dapat menghasilkan uang dari penjualan kursus online mereka. Skill yang dibutuhkan termasuk keahlian dalam bidang tertentu yang diajarkan, kemampuan untuk merencanakan dan menyusun materi pembelajaran yang efektif, serta kemampuan komunikasi yang baik.

17. Menjual Desain

Bagi mereka yang memiliki bakat dalam desain grafis atau digital art, menjual desain dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang menarik. Mereka dapat menjual karya mereka sebagai desain grafis, ilustrasi, atau digital art melalui platform seperti Etsy, Redbubble, atau Society6. Sebagai desainer, Kamu perlu paham akan penggunaan software desain grafis, pemahaman tentang desain yang menarik dan kekinian, serta kemampuan untuk memasarkan karya mereka secara efektif.

18. Menjadi Tester Website

Anda pernah mempertimbangkan untuk menjadi seorang tester website sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet? Tester website melakukan pengujian terhadap situs web, baik sebelum diluncurkan secara online maupun untuk pengembangan lebih lanjut. Saat ini, platform-platform seperti User Testing dan Trymata menawarkan pembayaran sebesar $10 hingga $60 untuk setiap sesi pengujian. Mereka memiliki klien-klien terkemuka seperti Adobe, Microsoft, dan Facebook. Untuk memulai menghasilkan uang melalui pengujian website, Anda cukup mendaftar ke salah satu platform tersebut dan menyelesaikan tes yang diberikan. Berbeda dengan survei online, Anda harus melewati uji kemampuan sebelum dapat mulai melakukan pengujian website. Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang tata letak dan tampilan website yang menarik, ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba.

19. Narator Audiobook

Dengan suara yang bagus dan kemampuan bercerita yang menarik, seseorang dapat menghasilkan uang sebagai narator audiobook. Banyak penulis atau penerbit membutuhkan narator untuk merekam versi audio dari buku-buku mereka. Melalui platform seperti Audible ACX, seseorang dapat menawarkan layanan mereka sebagai narator untuk berbagai proyek audiobook. Skill yang dibutuhkan termasuk keahlian dalam pembacaan suara yang jelas, memahami berbagai jenis teks dengan baik, dan kemampuan untuk mengelola rekaman audio.

20. Dapatkan Uang dengan Menonton Video

Beberapa platform menawarkan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan uang dengan menonton video. Melalui platform seperti TikTok dan Snack Video, seseorang dapat mendapatkan poin atau uang tunai dengan menonton iklan, video pendek, atau konten lainnya. Meskipun penghasilannya mungkin tidak besar, ini bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan aktivitas yang sudah dilakukan secara rutin. Skill yang diperlukan adalah kemampuan untuk konsisten dalam menonton video, serta kesabaran untuk menunggu akumulasi poin atau uang.

21. Freelancer Desain Grafis

Bagi para desainer grafis yang ingin bekerja secara mandiri, menjadi seorang freelancer desain grafis adalah pilihan yang menarik. Mereka dapat menawarkan layanan mereka untuk membuat desain logo, kartu nama, brosur, atau materi marketing lainnya untuk klien mereka. Melalui platform freelance seperti Upwork, Fiverr, atau 99designs, seseorang dapat mencari project desain grafis yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka. Skill yang dibutuhkan termasuk keahlian dalam menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop atau Illustrator, kemampuan untuk berkomunikasi dengan klien, dan kemampuan dalam time management.

22. Menjadi Tester Website & Aplikasi

Perusahaan-perusahaan teknologi membutuhkan feedback dari pengguna untuk meningkatkan user experience mereka. Sebagai seorang tester website & aplikasi, seseorang dapat menghasilkan uang dengan menguji fungsionalitas, tampilan, dan user experience dari suatu website atau aplikasi. Skill yang perlu dimiliki ialah kemampuan untuk memberikan feedback yang konstruktif, pemahaman tentang user experience (UX), dan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah teknis.

23. Host Live Streaming

Dengan popularitas live streaming yang terus meningkat, menjadi seorang streamer dapat menjadi cara untuk menghasilkan uang secara online. Melalui platform seperti Twitch, YouTube, atau Facebook Gaming, seseorang dapat menghibur audiens mereka sambil memperoleh income tambahan dari donasi, sponsor, atau penjualan merchandise. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan untuk berinteraksi dengan audiens secara langsung dan kreativitas dalam konten live streaming.

Tertarik dengan konten seperti ini? Nah, kalau kamu pengen tetap up to date dengan info-info seru seputar pembuatan konten dan tips & trick lainnya, yuk gabung aja di komunitas kita! Tinggal klik link di bawah ini buat langsung join ke grup Telegram kita.

Gabung Grup Whatsapp Kami Disini!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait