Inspirasi dan Tips Membuat Konten Islami Serta Contohnya di YouTube dan TikTok

Inspirasi dan Tips Membuat Konten Islami Serta Contohnya di YouTube dan TikTok

Admin
Mar 08, 2024
SHARE ON
1709891386_ide-konten-islam-di-youtube-dan-tiktok.jpg

Dalam dunia yang sering diselimuti oleh persepsi salah tentang Islam, menjadi konten kreator dengan topik “islami” bisa menjadi alternatif untuk bisa menyajikan konten yang tidak hanya edukatif tetapi juga sarat dengan nilai spiritual sekaligus momentum untuk bisa menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang damai, penuh kasih sayang, dan jauh dari stigma radikalisme.

Kalau kamu ingin membuat konten-konten islami, kamu bisa menyajikan Konten yang bukan sekedar tentang menyebarkan ajaran yang baik, namun lebih jauh adalah tentang menghubungkan nilai-nilai Islam dengan kehidupan kita sehari-hari, yang relevant dengan target audiens kamu.

Selain itu kamu juga bisa menghubungkan dengan affiliate marketing. Misalnya, dengan menautkan link buku-buku islami rekomendasi, peralatan sholat, dan lainnya. Dalam artikel ini kamu akan menemukan banyak ide konten islami di Youtube dan Tiktok.

Apa itu Konten Islami?

Konten Islami adalah segala jenis konten yang mengusung nilai-nilai, ajaran, dan aspek kehidupan yang berkaitan dengan Islam. Ini bisa berupa dakwah, kajian keagamaan, nasihat, hingga cerita inspiratif yang sesuai dengan ajaran Islam.

Contoh Konten Islami yang Banyak Digemari

Berikut adalah angle konten islami yang banyak digemari di youtube dan tiktok, diantaranya yaitu:

1. Potongan Dakwah / Ceramah Ringkas

YouTube: Channel seperti "Nouman Ali Khan" menawarkan ceramah ringkas yang mudah dipahami dan relate dengan audiens. Kamu bisa membuat potongan ceraha Nouman Ali Khan dengan subtitle bahasa indonesia.

TikTok: Akun seperti "@ilmuagama001" sering membagikan potongan ceramah dipadu dengan quotes islami yang mengutip dari sahabat Nabi. Konten yang singkat namun inspiratif.

2. Kajian Al-Quran dan Hadis

YouTube: "Mufti Menk" dikenal dengan penjelasan hadis dan Al-Quran yang mendalam dengan bahasa inggris, kamu bisa membuat versi konten dengan subtitlenya.

TikTok: Kreator seperti "@nuansakajian" sering mengunggah kajian singkat dari tokoh tokoh da’i kondang sepetti Ustad Abdul Somad

3. Video Murottal Al-Quran

YouTube: "Mishary Rashid Alafasy" adalah salah satu qari populer yang sering diputar dimanapun, suaranya yang merdu dan menyejukkan. Kamu bisa membuat konten dengan potongan murotal dari Mishary dengan memberikan terjemahan di dalam video.

4. Vlog Tempat Bersejarah Islam

YouTube: Channel "Sejarah Islam Channel" membawa penonton menjelajahi situs bersejarah Islam sekaligus belajar sejarah islam.

5. Tutorial Bacaan Sholat

YouTube: "Ngaji Lagi Indonesia" menyediakan seri tutorial untuk bacaan sholat yang lengkap.

Baca juga: 6 Cara Mudah Dapat Uang Dari Youtube Selain Adsense

6. Tutorial Membaca Al-Quran atau Tajwid

YouTube: "Tahsinul Qur'an & Doa" menawarkan pelajaran tajwid yang mudah diikut, disertai tutorial yang sangat detail. Kalau kamu memiliki pengetahuan ilmu tajwid, kamu bisa membuat konten serupa.

7. Info Kuliner Halal

YouTube: "MuhammadHanifHasballah" sering mengulas berbagai kuliner halal di Indonesia, Asia dan Eropa. Kalau kamu suka berwisata kuliner, kamu bisa mencoba konten yang serupa. Atau me review makanan halal dalam kemasan, kamu juga menautkan link pembelian di sana.

8. Rekomendasi Makanan Saat Puasa

YouTube: "Dr Zaidul Akbar" meskipun bukan spesifik untuk makanan sahur dan berbuka, namun Dr Zaidul Akbar sering sekali membagikan makanan sehat yang dianjurkan dikonsumsi seperti yang diajarkan Nabi Muhammad. Konten tersebut sangat populer

9. Kisah Nabi dan Rasul

YouTube: "Kisah Islami" membagikan cerita inspiratif dari kehidupan para Nabi dan Rasul yang akan menambah wawasan kita tentang keluarga Nabi dan para sahabat.

10. Video Seni Islami

YouTube: "Islamic Art" menampilkan konten edukasi tentang islam berupa animasi dan memoerkenalkan budaya - budaya dalam Islam.

Baca juga: 8 Ide Konten Youtube Modal HP Untuk Pemula

11. Diskusi atau Kajian

YouTube: "Yufid TV" sering mengadakan diskusi kajian keagamaan dan juga berbagi perspektif issu issue terkini yang dihubungkan dengan nilai- nilai agama.

12. Q&A dengan Ustad dan Ustadzah

YouTube: "Ustadz Abdul Somad" terkenal dengan sesi Q&A dengan pertanyaan yang relate dengan kehidupan sehari-hari, juga jawaban yang bijak juga kadang menohok, kamu mungkin bisa membuat konten serupa dengan mengambil potongan Q & A ustad-ustad yang ada di Indonesia.

13. Keuangan Islami

YouTube: "Islamic Finance Guru" membahas aspek keuangan dalam pandangan Islam dari mulai zakat dan warisan. Konten ini dalam bentuk bahasa inggris, kamu bisa recreate dengan subtitles Indonesia.

14. Sejarah Islam

YouTube: "Kajian Sejarah Islam" mengeksplorasi perjalanan sejarah Islam yang mendalam, disertai pesan moral.

15. Review Buku Islami

YouTube: "Indah Nurbaeti" memberikan ulasan mendalam tentang berbagai buku - buku islam Islam.

Baca juga: 9 Ide Konten Youtube Tanpa Wajah yang Banyak Peminatnya

16. Doa dan Hadits Sehari-hari

YouTube: "Daily Doa and Hadith" menyajikan doa dan hadits untuk kehidupan sehari-hari.

17. Video Hijrah atau Inspirasi Muslimah

YouTube: "Hijrah Stories" membagikan pengalaman inspiratif tentang hijrah dan masalah yang sering di alami anak-anak muda melalui ceramah Ustad Hanan Attaki

18. Video Pembelajaran Bahasa Arab

YouTube: "Marhaban Academy" menawarkan kursus bahasa Arab yang menarik dengan animasi.

19. Parenting Islami

YouTube: "draisahdahlan" seorang tokoh muslimah yang sering membagikan ilmu parenting dan hubungan suami istri yang baik dalam Islam

20. Bisnis dalam Islam

YouTube: "Dewa Eka Prayoga" dikenal sebagai youtube yang sering membahas tentang konten bisnis dalam islam, ia juga sering memberikan tips dan trik berdagang ala Rasulullah.

Menjadi konten kreator yang fokus pada konten islami bukan hanya tentang menyebarkan ajaran Islam, tetapi juga tentang memberikan inspirasi dan panduan bagi umat muslim di era digital ini. Untuk lebih banyak tips dan panduan tentang monetisasi channel YouTube dan Tiktok kamu, gabung di sini

Baca juga: 15 Ide Konten Youtube Untuk Anak Anak yang Banyak Peminatnya

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait