Content Strategy Terbaik untuk Launching Produk

Admin
others Sep 08, 2020
1688712865_content-strategy-terbaik-untuk-launching-produk-1.jpg

Launching produk menjadi momen yang begitu penting bagi para pemilik bisnis. Khususnya Anda yang memang ingin mengenalkan produk terbaru yang berbeda dengan produk sebelumnya. Pentingnya momen ini membuat Anda perlu mengatur content strategy yang baik setiap kali akan launching produk. Content strategy yang Anda buat juga haruslah sesuai dengan target market yang Anda miliki. Jika Anda memang menyasar kaum milenial, buat content strategy yang menonjolkan penggunaan media sosial dengan maksimal. Untuk membuat launching produk Anda bisa dikatakan berhasil, simak content strategy terbaik yang bisa Anda terapkan berikut.

Daftar Isi

1. Maksimalkan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu aplikasi yang akan dibuka oleh pengguna smartphone setiap harinya. Hal inilah yang bisa membuat Anda memanfaatkan media sosial saat ingin melakukan launching produk. Buatlah sebuah teaser campaign yang menarik dan dipenuhi dengan misteri di dalamnya. Semakin misterius teaser yang Anda unggah di media sosial, membuat banyak orang semakin penasaran dengan produk baru Anda. Bukan tidak mungkin, mereka akan mencari tahu beragam informasi lengkap mengenai produk Anda ke depannya.

Selain membuat sebuah teaser campaign, Anda juga bisa membuat sebuah unique hashtag. Gunakan unique hashtag setiap kali Anda mengunggah sebuah postingan. Semakin sering Anda menggunakan unique hashtag tersebut, hal itu membuat konsumen semakin teringat dengan produk yang akan Anda launching. Pastikan unique hashtag yang Anda pilih menggunakan pilihan kata yang memang mudah diingat oleh konsumen.

2. Gandeng Influencer

Sudah bukan rahasia lagi bahwa para influencer memiliki jumlah followers yang sangatlah banyak di media sosial. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk bekerja sama dengan para influencer tersebut. Content strategy yang satu ini tentu perlu Anda pertimbangkan dengan baik. Kirimkan produk yang akan Anda launching pada influencer saat sudah mendekati hari launching produk. Minta para influencer menyebutkan beragam kelebihan dan manfaat dari produk terbaru Anda.

Namun, Anda sebagai pemilik bisnis tidak boleh memilih influencer secara sembarangan. Perlu diingat bahwa jumlah followers bukanlah pertimbangan utama yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Anda perlu memastikan bahwa followers dari para influencer tersebut sama persis dengan target market Anda. Jika tidak, tentu akan sia-sia Anda membayar jasa influencer untuk melakukan endorsement. Agar biaya endorsement tersebut bisa lebih maksimal, perhatian karakteristik konten dan followers para influencer terlebih dahulu sebelum melakukan kerjasama.

3. Buat Serial Video

Sebuah serial video atau yang lebih dikenal dengan webseries kini sedang populer di masyarakat. Hal ini juga membuat para pemilik bisnis berlomba-lomba untuk hadirkan webseries dengan kualitas yang terbaik. Jika Anda memiliki bujet yang cukup besar dalam pembuatan content strategy, tidak ada salahnya jika Anda juga menggunakan strategi yang satu ini. Karena tujuannya untuk mempromosikan produk, jangan lupa untuk menyisipkan produk yang akan Anda launching dalam web series tersebut. 

Namun, pastikan product placement masih relevan dan tidak terkesan dipaksakan. Hal itu akan membuat penonton lebih enjoy selama menonton dan tertarik dengan produk Anda. Selain memperhatikan segi cerita, usahakan kualitas web series yang Anda buat bagus dalam segi audio dan visualnya. Jangan lupa untuk juga promosikan web series tersebut di setiap media sosial yang dimiliki.

4. Buat Website Tematik

Website juga bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk melakukan launching produk. Berbeda dengan informasi produk yang ada di media sosial, seperti Instagram dan Twitter. Informasi produk yang Anda cantumkan di website sebaiknya lebih lengkap dan detail. Cantumkan juga apa saja manfaat produk baru Anda dan bagaimana produk tersebut dapat memberikan solusi bagi setiap konsumen.

Selain mencantumkan informasi produk secara mendetail, jangan lupa juga untuk mendesain website Anda secara tematik. Ubah template dan desain website sesuai dengan produk yang akan Anda launching. Semakin menarik tampilan website Anda, akan membuat konsumen semakin betah berlama-lama mengunjungi website Anda.

5. Buat Countdown

Saat tanggal launching produk semakin dekat saja, Anda bisa membuat sebuah countdown. Countdown ini nantinya akan menjadi pengingat bagi konsumen perihal tanggal dan waktu dilaksanakannya launching produk. Content strategy satu ini bisa Anda manfaatkan di media sosial maupun website. Untuk countdown di website, Anda bisa meletakkannya satu bulan sebelum launching produk tiba. Sedangkan saat membuatnya di media sosial, seperti Instagram, buah countdown satu atau dua hari sebelum hari-H launching produk.

Kelima content strategy yang telah disebutkan di atas bisa Anda praktekkan dengan baik setiap kali akan melakukan launching produk baru. Sebisa mungkin maksimalkan konten promo agar launching produk Anda nantinya bisa menarik banyak konsumen. Dengan begitu, penjualan produk Anda saat launching nantinya begitu pesat.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.