Content Strategy untuk Blog Affiliate: Simak Langkah - Langkahnya Disini

Content Strategy untuk Blog Affiliate: Simak Langkah - Langkahnya Disini

Admin
search engine optimization Feb 06, 2024
SHARE ON
1707214033_content-strategy-untuk-blog-affiliate.jpg

Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk membangun kesadaran brand bahkan menghasilkan dan mendorong penjualan. Namun, untuk membuat konten marketing yang efektif, Anda perlu memiliki strategi yang jelas.

Strategi konten marketing dapat diterapkan melalui blog affiliate, ya salah satu channel marketing satu ini adalah salah satu cara yang efektif untuk menghasilkan uang secara online. Bukan hanya untuk pemilik blog namun juga brand sponsor. Oleh sebab itu penting untuk seorang blogger memahami konten marketing dan aplikasinya menjadi blog affiliate.

Pentingnya Membentuk Content Strategy untuk Blog Affiliate Marketing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konten marketing memiliki banyak manfaat yang bisa Anda kembangkan sebagai blog affiliator yang membantu pemilik brand/perusahaan meningkatkan penjualan. Lantas, keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dengan mempersiapkan strategi konten marketing?

1. Mencapai tujuan pemasaran

Dengan strategi yang jelas, Anda dapat memastikan bahwa konten Anda ditargetkan dengan tepat dan efektif dalam mencapai tujuan Anda, seperti meningkatkan kesadaran brand, menghasilkan peluang penjualan, bahkan meningkatkan penjualan.

2. Menghemat waktu dan uang

Strategi konten marketing akan membuat pekerjaan lebih menghemat waktu dan uang dengan memastikan bahwa Anda tidak membuat konten yang tidak relevan atau tidak efektif terhadap pembaca atau user Anda.

3. Meningkatkan efektivitas konten Anda

Strategi konten marketing dapat membantu meningkatkan efektivitas konten dengan memastikan bahwa konten Anda ditargetkan dengan tepat, menarik, dan informatif, sehingga penting untuk mempelajari bagaimana cara efektif menulis artikel untuk affiliate marketing yang efektif.

Elemen yang Perlu ada pada Content Strategy Framework

Secara umum, content strategy framework terdiri dari beberapa elemen yang dapat membantu untuk menentukan langkah-langkah membuatnya dalam blog affiliate Anda, yaitu:

  • Goal atau tujuan: Apa tujuan Anda dengan blog affiliate marketing Anda? Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, traffic, atau konversi?
  • Audiences atau sasaran: Siapa target audiens Anda? Apa yang mereka butuhkan dan inginkan?
  • Content atau jenis konten: Apa jenis konten yang akan Anda buat? Apa format konten yang paling efektif untuk audiens Anda?
  • Distribution atau distribusi konten: Bagaimana Anda akan mendistribusikan konten Anda? Menggunakan platform apa saja?
  • Measurement atau alat ukur terhadap hasil: Bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan strategi konten Anda?
  • Budgeting atau anggaran: Berapa besaran anggaran yang dibutuhkan?

Enam elemen content strategy ini akan membantu Anda dalam membuat langkah-langkah menjadi blog affiliator yang efektif dengan menggunakan strategi konten marketing.

Bagaimana Langkah Membentuk Content Strategy untuk Blog Affiliate Marketing?

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda aplikasikan untuk menjadi blog affiliate marketing dengan membangun content strategy, yaitu:

1. Tentukan Goals

Langkah pertama adalah menentukan metrik KPI atau tujuan Anda dengan blog affiliate marketing Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, traffic, atau konversi? Setelah Anda mengetahui tujuan Anda, Anda dapat mulai mengembangkan strategi konten Anda.

Perlu diingat bahwa setiap tujuan memiliki cara penulisan dan konten yang berbeda, sehingga dengan memahami tujuan akan membantu Anda dalam membuat konten menarik dan efektif untuk pembaca.

2. Riset Persona

Setelah Anda menentukan tujuan, Anda perlu melakukan riset persona untuk memahami target audiens Anda. Siapa mereka? Apa yang mereka butuhkan dan inginkan? Pahami kebutuhan dan keinginan audiens Anda agar Anda dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka.

3. Content Audit

Lakukan content audit untuk melihat konten apa yang sudah Anda miliki dan konten apa yang masih perlu Anda buat. Content audit juga dapat membantu Anda mengidentifikasi konten yang tidak efektif dan perlu diperbaiki atau dihapus.

Lakukan content audit secara berkala akan memudahkan Anda meninjau ulang semua konten yang sudah dibuat, misalkan:

  • Kesenjangan dalam konten: Apakah jumlah kata, struktur atau format yang telah dibuat sudah sesuai?
  • Tinjau kualitas dan relevansi: Apakah informasi dari konten sudah sesuai dengan audiences Anda?
  • Peluang untuk membuat ulang: Apakah ada kemungkinan untuk membuat konten lanjutan atau series?
  • Koreksi alur pembuatan konten: Apakah sudah efektif terkait alur pembuatan konten yang sudah ada?

4. Buat Sistem Manajemen

Buat sistem manajemen untuk mengelola konten Anda. Hal ini dapat membantu Anda merencanakan, membuat, menjadwalkan, dan mendistribusikan konten Anda secara efektif.

5. Tentukan Tipe Konten yang ingin Dibuat

Ada berbagai jenis konten yang dapat Anda buat untuk blog affiliate marketing Anda. Pilihlah jenis konten yang paling efektif untuk audiens Anda. Beberapa jenis konten yang umum digunakan untuk blog affiliate marketing, seperti:

  • Review produk: Jenis konten yang populer untuk blog affiliate marketing. Review produk dapat membantu audiens Anda memahami kelebihan dan kekurangan suatu produk.
  • Tutorial: Jenis konten yang dapat membantu audiens Anda mempelajari sesuatu. Tutorial dapat bermanfaat untuk audiens Anda yang tertarik untuk mempelajari sesuatu yang baru.
  • Tips dan trik: Jenis konten yang dapat memberikan informasi bermanfaat kepada audiens Anda. Tips dan trik dapat membantu audiens Anda menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan mereka.

6. Lakukan Brainstorming Idea

Setelah Anda menentukan jenis konten yang ingin Anda buat, lakukan brainstorming untuk menghasilkan ide-ide konten secara individu atau bersama tim. Penting untuk memvalidasi ide-ide Anda dengan tidak ragu meminta feedback dari orang lain.

7. Buat Content Management

Content management adalah proses membuat, menjadwalkan, dan mendistribusikan konten sehingga dapat membantu Anda memastikan bahwa konten Anda diterbitkan secara konsisten dan tepat waktu. Buatlah konten kalender untuk memudahkan Anda mengingat konten apa saja yang perlu dibuat.

Source: Ranktracker

Ikuti tujuh langkah diatas dan buat kesuksesan blog affiliate marketing Anda menjadi nyata. Tentunya dalam membuat ini semua membutuhkan budget atau anggaran, tidak terbatas dari sisi uang namun penting untuk Anda membangun konsistensi dalam hal waktu dan tenaga untuk mencari informasi lebih banyak dan mencapai tujuan Anda menjadi blog affiliator yang efektif.

Tentunya Anda juga membutuhkan lingkungan yang mendukung mencapai tujuan, Anda dapat bergabung dengan grup Accesstrade Indonesia dengan klik link di bawah ini dan segera dapatkan keseluruhan informasi untuk menjadi blog affiliate yang Anda harapkan.

Gabung Grup Blog Affiliate Accesstrade

Referensi:

https://blog.hubspot.com/marketing/content-marketing-plan
https://searchengineland.com/create-content-strategy-framework-393819

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait