blogs - profil & sejarah

Intip Sejarah Nokia dan Perkembangan Handphone Nokia dari Masa ke Masa

10 Dec 17, 2020
Intip Sejarah Nokia dan Perkembangan Handphone Nokia dari Masa ke Masa

Nama “Nokia” pastilah tak asing di telinga Anda. Nokia merupakan salah satu perusahaan handphone tertua di Indonesia. Jauh sebelum perangkat smartphone hadir, Nokia sudah menghubungkan banyak orang di seluruh dunia dengan berbagai produk handphonenya. Nokia dikenal dengan berbagai produk handphone yang tahan banting dan sangat awet. Mulai dari era perangkat handphone CDMA, GSM, hingga W-CDMA, Nokia selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Sehingga, tak mengherankan jika banyak orang yang menggemari perangkat ini. Namun, apakah Anda mengetahui tentang sejarah Nokia? Simak ulasan lebih lengkap tentang produsen peralatan telekomunikasi asal Finlandia berikut ini.

Bermula dari Perusahaan Pengolahan Kertas

Fredrik Idestam

Fredrik Idestam

Anda mungkin sama sekali tak menyangka. Perusahaan telekomunikasi yang sudah berkiprah selama puluhan dekade ini dulunya merupakan perusahaan pengolah bubur kertas di Finlandia. Bahkan, nama Nokia diambil dari nama komunitas yang tinggal di kawasan Sungai Emakoski yang terletak di Finlandia Selatan. Perusahaan Nokia saat itu didirikan oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865 sebagai perusahaan pengolahan kayu dan karet. Seusai Perang Dunia ke-1, perusahaan tersebut juga mengakuisisi perusahaan kabel Finlandia yang memproduksi telegraf dan kabel telepon. Pada tahun 1967, perusahaan tersebut melebur menjadi Nokia Corporation. Perusahaan tersebut berfokus pada produksi mesin pembuat bubur kayu (pulp) dan pembuat kertas. Di tahun 1920, perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan produsen kertas yang terbesar di Eropa. 

Evolusi Menuju Perusahaan Pembuat Perangkat Elektronik

Bjorn Westerlund

Bjorn Westerlund

Kejayaaan tidak lantas membuat pemilik Nokia Corporation menjadi terlena. Bjorn Westerlund yang saat itu menjabat sebagai CEO dari perusahaan tersebut memperkirakan bahwa industri pengolahan kayu dan kertas suatu saat akan tenggelam. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Nokia mulai berfokus pada produksi perangkat elektronik. Nokia membangun divisi baru, yaitu divisi elektronik yang ditempatkan di ibukota negara Finlandia. Perusahaan tersebut pun mulai diarahkan untuk memproduksi berbagai macam perangkat elektronik di bawah nama Nokia Electronic. Selama 15 tahun pertama, perusahaan Nokia tersebut menjalani trial and error untuk berbagai produk perangkat elektroniknya. 

Setelah melalui kegagalan selama beberapa kali. Nokia akhirnya mulai menemukan ritmenya. Terutama, setelah didukung dengan ahli teknologi yang berbakat. Ditambah lagi, Nokia bergabung dengan pabrik pembuat perangkat televisi Salora yang membantu perusahaan tersebut dalam memproduksi berbagai perangkat handphone mendunianya. Semenjak saat itu, popularitas Nokia pun semakin meningkat. Bahkan, Jyrki Vesikansa mengatakan bahwa Nokia menjadi sumber pendapatan negara kedua setelah industri kayu dan kertas.

Perkembangan Produk Elektronik Nokia dari Masa ke Masa

Nokia Mobira Senator

Nokia Mobira Senator

Peran Nokia sebagai perusahaan penyedia perangkat seluler dimulai pada tahun 1963. Pada kala itu, Nokia memang belum secara resmi meluncurkan perangkat handphone pertamanya. Namun, perusahaan tersebut sudah memproduksi banyak perangkat radio telepon dan emergency responders yang diperuntukkan para tentara dari angkatan bersenjata Finlandia. Tepat pada tahun 1982, Nokia secara resmi meluncurkan perangkat car phone pertamanya yang diberi nama Mobira Senator. Perangkat elektronik ini digunakan media komunikasi tentara yang membawa tank. Pada tahun 1987, Nokia memproduksi perangkat elektronik Mobira Cityman, yaitu telepon genggam pertamanya. Berbeda dengan tampilan telepon genggam saat ini, Mobira Cityman memiliki bentuk yang besar dengan berat sekitar 0.7 kilogram. Telepon genggam dari Nokia ini memiliki penampilan yang sangat serupa dengan walkie talkie. Di tahun yang sama, Nokia memutuskan untuk berfokus hanya untuk mengembangkan berbagai perangkat telepon seluler. 

Nokia 2110

Perusahaan tersebut mulai memproduksi berbagai telepon genggam dengan sistem GSM terbaru yang saat itu sudah menjadi standar dari teknologi telepon seluler di Eropa. Pada tahun 1994, Nokia mulai meluncurkan perangkat telepon genggamnya yang dinamai seri 2110. Pada perangkat tersebut, Nokia menanamkan fitur nada dering atau ringtonenya yang pertama. Ringtone tersebut menjadi semakin populer setelah dimainkan di acara talkshow Dom Joly’s Trigger Happy TV. Hingga saat ini, nada dering tersebut menjadi trademark dari perusahaan seluler tersebut. Nokia mencapai masa keemasannya di tahun 1998. Kala itu, Nokia menjadi perusahaan seluler terbesar di dunia. Produk-produk perangkat telepon genggamnya pun semakin banyak digunakan oleh masyarakat dunia. 

Daftar HP Nokia Paling Legendaris Sepanjang Masa

Di dalam kiprahnya selama puluhan tahun, Nokia sudah merilis banyak perangkat telepon genggam yang legendaris. Berikut adalah ulasan tentang daftar produk HP Nokia yang paling legendaris dan dikenal di sepanjang masa:

1. Nokia 3210

Nokia 3210

Di tengah-tengah masa gemilangnya, Nokia meluncurkan perangkat handphonenya yang paling ikonik. Nokia 3210 merupakan ponsel Nokia yang dikenal dengan ketahanannya yang luar biasa. Ponsel berbadan tebal ini tidak mudah pecah bahkan saat terjatuh dari ketinggian. Hal ini tentunya menjadi poin penjualan utama. Karena kala itu, tidak ada perangkat handphone lainnya yang memiliki ketahanan yang sama. Harganya yang sangat terjangkau juga membuat ponsel ini diminati oleh banyak kalangan. Ponsel tersebut juga mengusung beberapa fitur terbaru dari Nokia untuk memanjakan para penggunanya. Saat pertama kali diluncurkan, perangkat handphone ini berhasil terjual hingga 160 juta unit. Kesuksesan telepon genggam tersebut dilanjutkan oleh seri selanjutnya, yaitu N3310.

2. Nokia 8110

Nokia 8110

Nokia seri 8110 bisa dibilang merupakan seri handphone lipat pertama yang diluncurkan oleh perusahaan tersebut. Tampilan perangkat yang terlihat klasik menjadi daya tarik tersendiri. Popularitas hp ini semakin terdongkrak setelah perangkat tersebut digunakan oleh aktor Keanu Reeves dalam film The Matrix. Tentunya, Anda jadi merasa seperti bintang film action saat menggunakan perangkat ponsel ini. Fitur unggulan yang dimiliki oleh ponsel Nokia ini adalah adanya penutup keypad berjenis spring loaded yang dapat Anda buka. Caranya cukup dengan menekan tombol yang berada di samping hp tersebut.

3. Nokia 9000 Communicator

Nokia 9000 Communicator

Hp legendaris lainnya yang ada di dalam sejarah Nokia adalah Nokia 9000 Communicator. Handphone tersebut hadir dengan tampilannya yang sangat unik. Perangkat ini mengusung bentuk yang menyerupai laptop mini atau sebuah kalkulator. Keypad berjenis QWERTY juga menjadi sentuhan unik yang dimiliki oleh perangkat hp ini. Tampilannya yang eksklusif membuat pengguna hp ini memiliki kebanggaan tersendiri.

4. Nokia N-Gage

Nokia N-Gage

Pada tahun 2003, publik digemparkan dengan diluncurkannya hp Nokia dengan desain terbaru. Nokia N-Gage merupakan perangkat hp Nokia dengan desain menyerupai gameboy, dan memang diluncurkan untuk mengakomodasi kebutuhan gaming. Untuk melengkapi pengalaman gaming Anda, perangkat hp ini juga dibekali dengan layar berwarna, yang saat itu tidak banyak dimiliki oleh produsen hp yang lain. Kala itu, hp Nokia N-Gage menjadi hp Nokia yang paling prestisius. Bahkan, saat ini pun, Anda bisa membeli perangkat hp tercanggih di masanya itu dengan kisaran harga 1 juta saja.

Walaupun sempat tertinggal jauh, Nokia tentunya tidak akan kalah. Dalam sejarah Nokia, perusahaan tersebut juga tak ingin kalah bersaing dengan memproduksi berbagai perangkat smartphone untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat modern. Apakah Anda mengetahui rangkaian smartphone terbaru dari Nokia?