blogs - profil & sejarah

Sejarah OS Android Beserta Perkembangannya

10 Nov 05, 2020
Sejarah OS Android Beserta Perkembangannya

Nama OS Android pastilah tak terdengar asing di telinga Anda. Sistem operasi ini memang sudah banyak digunakan pada berbagai macam model smartphone masa kini. Hampir semua merek smartphone dari berbagai negara menanamkan OS Android di perangkat mereka. Pengguna sistem Android pun pastinya sudah mencapai puluhan juta orang. Dari jumlah yang sedemikian besar tersebut, ada berapa persenkah yang mengetahui tentang sejarah OS Android dan perkembangannya? Selain itu, apakah ada dari mereka yang mengetahui apa saja keunggulan dari sistem Android ini? Untuk memuaskan rasa penasaran Anda, berikut adalah ulasan lengkap seputar OS terpopuler ini.

Android, Apakah Itu?

Sebelum menguak tentang sejarah OS Android, ada baiknya untuk mengetahui lebih dalam tentang sistem operasi gadget satu ini. Android merupakan suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Google menggunakan basis Kernel Linux. Alasan di balik penciptaan Android tak lain adalah untuk membantu mendukung performa dari perangkat gawai agar dapat dioperasikan lewat gestur tangan, seperti ketukan, gesekan, dan sentuhan. Ya, bisa dibilang Android merupakan pelopor dari era smartphone yang menyebar ke seluruh dunia.

Selain memungkinkan pengoperasian smartphone berdasarkan sentuhan, ditanamkannya Android ke dalam smartphone juga menambahkan fitur-fitur canggih di dalamnya. Salah satunya adalah manajemen memori, pengaturan aplikasi, fitur-fitur antarmuka, dan lain sebagainya. Tak hanya menguntungkan pengguna smartphone saja. Android juga diciptakan untuk menampung kreativitas dari pihak pengembang. Play Store misalnya, merupakan sistem dari Android yang tidak terpisahkan. Play Store memiliki fungsi sebagai wadah untuk memasarkan berbagai macam aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh developer. Pengguna smartphone Android pun dapat mengunduh aplikasi yang tersedia, baik dengan gratis maupun berbayar.

Sejarah Android

Tahukah Anda bahwa sebelumnya Android diciptakan sebagai perangkat pendukung kamera digital? Dengan menggunakan Android, kamera digital tersebut mampu terkoneksi dengan internet secara langsung. Namun, melihat pangsa pasar yang ternyata rendah, akhirnya Android pun dikembangkan menjadi perangkat OS untuk smartphone. Sejarah OS Android dimulai di tahun 2003. Pada kala itu, 4 sekawan bernama Andy Rubin, Chris White, Nick Sears, dan Rich Miner memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan bernama Android. Inc. Selang 2 tahun setelah pendirian perusahaan tersebut, Google pun menawarkan untuk akuisisi perusahaan tersebut.
 
Walaupun sudah bergabung dengan Google sejak tahun 2005, debut Android baru dimulai pada pertengahan tahun 2008. Kala itu, Google meluncurkan perangkat smartphone pertamanya, yang dinamakan HTC Dream. Smartphone tersebut merupakan model ponsel pintar pertama yang menggunakan OS Android. Sambutan masyarakat luas terhadap smartphone terbaru dari Google ini cukup meriah. Ini bisa dibilang menjadi salah satu batu loncatan di dalam sejarah OS Android.

Setelah sukses dengan produk smartphone HTC Dream, Google kembali berkolaborasi dengan HTC dan meluncurkan produk smartphone Nexus One. Sama seperti perangkat sebelumnya, Nexus One juga menggunakan sistem Android sebagai OS-nya. Android pun mulai mendapatkan perhatian yang melimpah. Dari situ, OS ini pun terus berkembang hingga berhasil menenggelamkan saingannya pada saat itu. Hingga saat ini, Android terus-menerus melakukan perbaikan fitur dan pengembangan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Versi-Versi OS Android

Seiring dengan perkembangan sejarah OS Android, sistem operasi ini terus-menerus melakukan pengembangan fitur. Berikut adalah perkembangan versi OS Android mulai dari kemunculannya di tahun 2008 hingga saat ini (2020):

1. Android Astro 1.0 (Alpha)

Android Astro 1.0 merupakan versi yang menjadi permulaan dari sejarah Android. Sistem yang disebut dengan Alpha ini merupakan OS Android pertama yang ditanamkan di dalam smartphone HTC Dream.

2. Android Bender 1.1 (Beta)

Setahun setelah Android Astro 1.0 diluncurkan, Android kembali meluncurkan versi Android yang diupgrade dan dinamakan Android Bender 1.1 (Beta). Di dalam OS ini, Google Play Store sudah mulai diperkenalkan kepada para pengguna dengan nama Android Market.

3. Android Cupcake 1.5

Android Cupcake 1.5 merupakan versi OS Android pertama yang mengadopsi nama dessert. Versi ini menjadi OS Android pertama yang diluncurkan secara komersil. Google juga menambahkan fitur tambahan, yaitu On-Screen keyboard.

4. Android Donut 1.6

Setelah sukses dengan versi Cupcake, Android merilis versi Donut 1.6. Tepatnya, pada tanggal 15 September 2009. Versi Android ini juga menerima sejumlah update fitur. Beberapa di antaranya seperti teknologi CDMA/EVDO, 802.1 x VPNs.

5. Android Eclair 2.0 – 2.1

Smartphone kedua yaitu Nexus One yang diluncurkan Google pada tahun 2009 sudah mengimplementasikan versi Android ini. Android Eclair yang diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2009 hadir dengan fitur peta dan navigasi yang Anda kenal hingga saat ini. Ya, fitur tersebut adalah Google Maps. Dengan hadirnya Google Maps, semakin banyak orang yang mulai meninggalkan peta cetak. Mereka pun lebih memilih untuk menggunakan Google Maps untuk menunjukkan lokasi tertentu.

6. Android Froyo 2.2

Android meluncurkan OS Froyo, atau Frozen Yoghurt, yang mengusung berbagai macam pembaharuan fitur. Selain itu, OS Android versi ini juga memberikan perbaikan di beberapa sektor fitur yang belum sempurna di versi sebelumnya. OS ini diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2010.

7. Android Gingerbread 2.3

Pada tanggal 6 Desember 2010, Android merilis OS terbarunya yaitu Gingerbread 2.3. OS terbaru ini mengusung beberapa pembaharuan fitur. Salah satu smartphone yang bisa diupdate ke versi Android ini adalah Nexus One.

8. Android Honeycomb 3.0/3.1

Pada tanggal 22 Februari 2011, Android akhirnya meluncurkan OS pertamanya untuk gadget tablet. OS tersebut dinamakan Honeycomb 3.0/3.1. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh versi Android ini antara lain fitur multitasking yang lebih baik, User Interface yang terbaru, adanya 5 halaman homescreen yang memudahkan Anda untuk memasang widget, serta dukungan terbaru untuk Bluetooth tethering.

9. Android Ice Cream Sandwich 4.0

Android Ice Cream Sandwich 4.0  diluncurkan pada tanggal 19 Oktober 2011. Salah satu hal yang menarik dari OS ini adalah adanya fitur-fitur yang digunakan untuk tablet. Dengan mengupdate ke versi ini, pengguna smartphone dapat mengakses fitur-fitur tersebut lewat gawai.

10. Android Jelly Bean 4.1/4.2/4.3

Android versi Jelly Bean bisa dibilang memiliki lebih banyak update dibandingkan versi Android yang lain. Versi pertama dari Jelly Bean diperkenalkan ke publik pada tahun 2012. Pada kala itu, fitur-fitur yang tersedia meliputi voice assistant. Sedangkan, pembaharuan fitur terbaru, seperti photo sphere dan daydream baru ada pada versi 4.2 dan makin ditingkatkan pada versi Jelly Bean yang terakhir.

11. Android Kitkat 4.4

Pada tanggal 31 Oktober 2013, Android meluncurkan versi Kitkat 4.4 yang mengusung fitur yang sangat beragam. Karena beratnya fitur yang dibawa, versi Android ini hanya bisa dioperasikan pada smartphone dengan kapasitas RAM berjumlah minimal 512 MB.

12. Android Lollipop 5.0

Android Lollipop 5.0 merupakan versi yang diluncurkan pada tanggal 12 November 2014. Pada Android versi ini, pengguna dapat mengakses fitur UI atau User Interface yang berbeda dari seri OS Android sebelumnya.

13. Android Marshmallow 6.0

Di tanggal 5 Oktober 2015, Android Marshmallow 6.0 mencuri perhatian dari berbagai kalangan. Versi Android ini hadir dengan fitur canggih yang belum ada di versi sebelumnya. Beberapa fitur yang tersedia di versi Android ini antara lain sensor sidik jari dan search bar.

14. Android Nougat 6.0

Pada tanggal 23 Agustus 2016, Android Nougat 6.0 diluncurkan. Versi Android ini hadir dengan fitur yang menggemparkan. Selain hadir dengan multi window, Nougat juga menawarkan 63 emoji yang membuat aktivitas chatting menjadi semakin seru dan ekspresif.

15. Android Oreo 8.0

Di tahun 2017, Android Oreo 8.0 lahir. OS terbaru Android ini hadir dengan fitur multitasking yang lebih sempurna dengan UI yang lebih rapi. Versi Android ini tercipta untuk menyempurnakan versi Android sebelumnya.

16. Android Pie 9.0

Setahun kemudian, Android kembali meluncurkan Android Pie 9.0. Pada versi Android ini tersedia fitur smart reply yang memudahkan Anda dalam membalas chat yang masuk. Selain itu, versi Android ini juga dilengkapi dengan fitur Adaptive Battery, Digital Being, dan lain sebagainya.

17. Android 10

Android 10 adalah versi OS yang baru saja diluncurkan pada tahun 2019 kemarin. Tepatnya, pada tanggal 13 September 2019. Versi Android ini menawarkan pengalaman baru dan tak terlupakan dalam hal navigasi dan user experience. Android 10 juga memiliki sistem privasi dan keamanan yang lebih kuat dalam menangkal malware.