ACCESSTRADE Indonesia

Langkah Memulai Affiliate Marketing Terbaik Untuk Pemula, Kamu Harus Tahu!

Admin
affiliate marketing Nov 18, 2022

Baca Juga: Gabut Sendirian, Cobain Lazada Affiliate Program yang Menguntungkan!

Berbisnis Affiliate Marketing adalah salah satu bisnis yang sering dilakukan oleh Youtuber, Selebgram, Tiktokers dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat pendapatan tambahan dengan cara mempromosikan barang-barang yang sangat berguna bagi orang lain.

Namun hal tersebut harus dipikirkan dengan matang-matang karena, hal tersebut salah satu konsisten para mitra yang menjalain kerja sama pada sebuah Perushana Affiliate Marketing. Sebelum berkerjama para pemula harus tahu tentang penjelasan tentang Perusahaan Affiliate Marketing. Salah satu contoh umum pada bisnis affiliasi adalah penggunaan link referral. Sebagai affiliate, kamu dapat menempatkan link pada blog atau situs untuk mengarahkan para pengunjung ke website lain yang menyediakan produk atau layanan.

Selain itu, mitra harus tahu juga Affiliate Marketing mana yang bagus menurut pandanganya dan bisa untuk menjalin kerjasama dengan baik. Cara kerja sebagai Affiliate Marketing yaitu, jika pengunjung melakukan pembelian, maka kamu akan mendapatkan komisi. Selain link referral, cara lain untuk menjalankan bisnis affiliasi adalah dengan meminta pengunjung untuk membuat dan mendaftarkan akun, mengisi formulir, atau menambahkan alamat email.

Intinya bisnis affiliate ini sangat membantu untuk para produk yang dipromosikan terjual dan menjadi beberapa solusi bagi kalianyang ini mencari tambahan biaya. Maka dari itu kamu harus ketahui terlebih dahulu perusuhaan Affiliate Marketing yang menurut kamu sangat menguntungkan. Berikut adalah beberapa Affiliate Marketing yang harus kamu ketahui untuk menjalin kerjasama.

Daftar Isi

Affiliate apa yang bagus?

affliate marketing

Pada umunya, Affiliate Marketing salah satu aktivitas jual beli barang di online melalui marketplace, Seiring perkembangan Affiliate menjadi hal mutualisme bagi para masyarakat dan perusahaan, dengan dana yang tidak terlalu besar membuat para masyarakat tergiur dengan kerjasama ini.

Hal ini dapat mengahasilkan uang bila mitra dapat mempromosikan barang yang berguna bagi masyarakat dan samapai dibeli oleh para viewers yang tertarik atas barang tersebut. Komisi yang di terima tergantung dari hasil penjualan pada promosi yang telah kamu lakukan. Komisi yang kamu dapatkan anatar 1% dan 10% dari hasil penjualan.

Namun komisi itu dapat ditarik kembali oleh perusahan, jika barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai, pihak perusahaan akan menyelidiki kasus itu. Jadi tenang saja pastikan bekerjasama dengan adil ya. Berikut daftar Affiliate Marketing terpercaya :

Accesstrade

accesstarde

Accesstrade adalah salah satu siitus affiliate terbesar Indonesia, namun situs ini belum diketahui oleh semua masyarakat luas. Hampir ratusan brand dan produk yang bekerjasama dengan Accesstrade. Accesstarde memiliki 4 mekanisme yang sangat transparansi terhadap mitranya. Yang pertama dengan CPS (Cost Per Sales),affiliator akan mendapat komisi setalah pembeli melakukan proses pada setiap transaksi.

Yang Kedua CPL (Cost Per Lead), pada setiap pengunjung yang mendaftarkan kedalam program atau mengunjui pada website akan menjadi komisi pada affliator. Ketiga CPC (Cost Per Click), Jika pengunjung mengklik langsung menuju kehalaman produk atau brand affiliator akan mendapatkan komisi. Keempat CPI (Cost Per Install) ditiap melakukan penginstalan aplikasi affialitor akan mendapatkan komisi, pada brand berbasis layanan life tools, game, e-commerce dan lainnya banyak menggunakan CPI

Blibli

blibli affiliate

Blibli menyediakan program afiliasi untuk memasarkan produknya. Tapi, bedanya kamu tidak perlu mempromosikan produknya dalam satu persatu. Jadi, jauh lebih praktis. Untuk komisi yang didapatkan menggunakan sistem CPS (Cost Per Sales), atau komisi akan cair tiap ada transaksi penjualan.

Blibli menyediakan bisnis Affiliate Patner Bisnis yang sistemnya memasarkan produk milik pihak lain melalui platform untuk melakukan klik pada kode referral tertentu dan bertujuan mendapatkan komisi jika produk tersebut berhasil terjual merupakan pengertian dari affiliate marketing.Adapun affiliate partner sendiri merupakan pemilik situs web yang melakukan promosi produk atau promo milik Blibli melalui media sosial, blog atau aplikasi lainnya yang mereka miliki.

Lazada

lazada affiliate

Lazada adalah salah satu pelopor affiliate marketing. Lazada juga salah satu market leader dari berbagai macam brand e-commerce. Para pengunjung dan penggunanya sudah pasti mencapai jutaan. Jika menjadi afiliator di platform ini menawarkan komisi 10%. Besarnya komisi yang kamu terima tergantung produk yang berhasil kamu jual. Pada produk kendaraan akan menerima komisi sebesar 1%, pada produk elektronik sebesar 2,5%, dan untuk produk non elektronik sebesar 6% serta untuk produk fashion akan mendapat komisi sebesar 10%.

Shopee

shope affiliate

Shopee adalah perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Shopee menggunakan system pemasaran melalui iklan masif berbayar. Meski demikian, Shopee tetap membuka program affiliate marketing. Komisi yang ditawarkan Shopee cukup besar. Mulai dari 5-10% di tiap penjualan produk/brand yang berhasil. Dengan cara melalui description box di YouTube, bio atau swipe up pada Instagram, postingan pada Facebook, thread di Twitter, floating text , bio , caption TikTok, artikel blog, dan lain sebagainya.

Bukalapak

bukalapak affiliate

Bukalapak juga membuat program affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan pada produk-produknya. Affiliator dapat memilih kategori produk /brand yang ingin mereka promosikan. Bukalapak menjanjikan komisi berkisar antara 2-5%. 

Pada link tersebut akan diarahkan ke halaman website Bukalapak, dan pengunjung tersebut membeli barang melalui link tersebut. Pengujung sebelumnya telah melakukan pembayaran pesanan barang dan menerima barang tersebut .Setelah itu pemilik website asal halaman tersebut akan menerima komisi berdasarkan proporsi nominal pembelian yang dilakukan pengunjung.

Tokopedia

6

Affiliate Tokopedia adalah sebuah program untuk mempromosikan produk milik Penjual dengan membagikan link yang di generate melalui Tokopedia, kemudian kamu dapat membagikan ke pengguna lainnya melalui channel sosial media kamu dan apabila terjual akan mendapatkan komisi. Kamu dapat memperoleh komisi hingga sebesar 10% dengan batas. Pada kategori Makanan & Minuman kamu akan mendapatkan 10%. Pada untuk kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga mendapatkan 8%. 

Untuk kategori Kesehatan, Ibu & Bayi 5%.Kmau akan mendapatkan 3% untuk kategori Olahraga dan Hobi. Untuk kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik 1% dan 2% untuk kategori lainya diluar kategori yang telah disebutkan di atas  dengan total komisi maksimal Rp 50.000 untuk setiap kategori per penjualan. Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal komisi sewaktu-waktu.

Dominesia

dominesia afiliate

Di Dominesia, bukanlah e-commerce melainkan layanan hosting. Domainesia menyajikan program affiliasi. Pada Domainesia ini akan menjanjikan komisi jika berhasil mendapatkan pelanggan. Komisi yang didapatkan mulai dari Rp.40.000,00 hingga jutaan rupiah.

Zuper.id

zuper.id affiliate

Pada platform Zuper.id merupakan layanan e-course dan software untuk para pebisnis online. Zuper.id juga mempunyai program affiliate marketing yang begitu menarik. Jika kamu tertarik dan perlu mencobanya, kamu bisa menggunakan layanan edukasi bisnis yang ditawarkan Zuper.id. Pada perusahaan Affiliate Marketing ini sangat lah bagus, karena ada kelas pendalaman materi Affiliate Marketing bagi parapemula yang ingin bergabung.

Kamu akan mendapatkan stragedi pemasaran secara bertahap dari mindset and goal setting, affiliate marketing, personal branding on Facebook, personal branding on Instagram, website creaton, conten creation, list building, email marketing, Facebook and Instagram ADS, dan yang terakhir study case. Semua itu kamu tidak akan mengalami dengan sendiri, kamu akan dipandu oleh beberapa senior yang menjadi mentormu.

Amazon Associates

amazon affiliate

Program affiliasi Amazon Associates adalah salah satu perusahan besar yang menjadi rekomendasi para affiliate. Affiliasi Amazon memiliki berbagai keuntungan. para pengunjung dapat mendaftar uji coba gratis, program ini bernama Bounty Amazon akan memberi berupa komisi. Selain itu, kamu akan mendapat komisi sekitar 10% jika berhasil menjual produk high end dengan niche fashion, kecantikan, dan Amazon Coins.

Proggram Affiliat Marketing ini sangat praktis hanya dengan membuat akun Blog/website dan mengisi dengan beberapa karya tulisan mu yang dipublikasikan. Selanjutnya kamu akan membuat akun Amazon Assoliate, jangan khawtir kamu kan mendapatkan tutorial secara perlahan dengan detail. Dan yang terakhir kamu akan meningkatkan kelayakan akun Amazon mu dengan cara mengisi konten tulisan yang membuat publik tertarik.

Google Affiliate Network

google network affiliate

Di Google juga memiliki program affiliasi dengan bernama Google Affiliate Network. Jika kamu bergabung di affiliasi ini, kamu wajib mengetahui tentang berbagai informasi seputar affiliasi dan situs web. Keuntungan ini mengikuti affiliasi di program ini adalah kamu akan mendapatkan komisi dari pelanggan yang membeli produk dan komisi dari pay per click (PPC) per iklan. Pada perusahaan Affiliate Marketing Goggle ini kamu bisa memilih sebagai Influencer, blogger, dan media masa.

Dalam Perusahaan ini kamu akan mempromosikan produk melalui blog/website yang telah kamu miliki.Produk yang akan kamu pasarkan adalah produk yang yang sedang digemari oleh masyarakat luas. Dengan itu, kamu harus mempunyai jurus jitu dalam memasarkan sebuah produk. Supaya produk yang kamu pasarkan kan terjual dengan cepat atau lambat kamu akan mendapatkan komisi.

Jadi pilihlah affiliate marketing sesuai keinginanmu dan gunakan hak sebagai affiliator dengan yang baik dan benar demi menjaga citra perusahan dan yang terutama dirimu.

Langkah awal menjadi Affiliate Marketing?

langkah menjadi bisnis affiliate marketing

Sebelum menjalin kerjasama dengan perusahaan Affiliate Marketing, kamu sebagai pemula yang ingin berbisnis. Bisnis affiliate marketing ini begitu praktis jika didbandingkan dengan bisnis online lainnya. Walaupun diwajibkan mempunyai blog ataupun web yang tertera, namun hal itu tidaklah wajib. Berikut adalah Langkah awal menjadi Affiliate Marketing.

1.Menentukan pasar

Hal ini merupakan yang utama jika kamu ingin mempromosikan sesuatu tidak pada tempat. Seperti kamu memperomosikan produk otomotif namun di situs electronic. Karena hal ini menjadi cikal bakal produk yang kamu promosikan akan segara terjual.

2.Mencari Produk dan Layanan

Melakukan riset terhadap hal yang terpenting demi reputasi program affiliasi marketing dan juga bagaimana pembuat program ini memperlakukan pelanggan dan affiliate mereka.

3.Cara mempromosikan produk

Dengan cara mempromosikan ini membuat para pengunjung menjadi tertarik dengan produk yang kita promosikan dengan menambahkan situs atau web untuk mempermudah pengunjung membeli produk. Atau juag bisa melakukan dengan metode lain seperti emailist untuk mempromosikan kepada pelanggan kamu.

4.Menggunakan platform media sosial

Dengan berkembangan zaman, para pengunjung sangat antusias dengan mencari sesuatu hal yang menurut dia berguna. Hal tersebut sangat mempermudah kamu untuk mempromosikan produk di platform media sosial seperti instagram, tiktok, twitter, facebook dan youtube.

5.Melakukan riset dan mempelajari berbagai strategi internet marketing

Mencari tahu tentang hal yang menjadi keuntungan, pada setiap mempromosikan sesuatu hal di web dan situs. Karena para pengunjung ingin sesuatu hal yang sangat mudah dan praktis untuk mengunjungi atau membeli produk yang kamu promosikan.

6.Mengetahui Peraturan yang berlaku

Bisnis ini memastikan diri kita hanya berdiam diri di rumah, maka dari itu ketahuilah beberapa peraturan yang berlaku pada perusahaan Affiliate Marketing mu agar tidak menjadi hambatan untuk keberlangsungan bisnismu.

Untuk kalian yang masih bingung untuk bergabung ke Perusahaan Bisnis Affiliate Marketing? Tenang kamu bisa bergabung dengan Perusahaan Affiliate Marketing di Accesstrade, karena disana terdapat banyak brand favoritmu dalam 1 platfrom saja hal ini mempermudah kamu bukan?

Pada Accesstrade kamu bisa memilih bebrapa produk yang akan kamu promosikan. Jika kamu ingin berbisnis online dalam program Affiliate Marketing Accesstade adalah solusinya Dengan demikian mari bergabung dalam Bisnis Affiliate Marketing dalam Accesstrade sekarang juga berbisnis tanpa memerlukan modal yang begitu banyak dan tanpa membebani untuk menjalankan bisnis ini .

Baca Juga: Program Affiliate Marketplace di Accesstrade dengan Komisi Besar Yang Bisa Kamu Jalankan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023