Sejarah Pencipta Google: Biografi Larry Page dan Sergey Brin

Sejarah Pencipta Google: Biografi Larry Page dan Sergey Brin

Admin
digital marketing Sep 17, 2020
SHARE ON
1688707976_sejarah-pencipta-google.jpg

Bagi para pengguna internet, nama Google pastilah tidak terdengar asing. Google merupakan platform search engine yang paling banyak digunakan pengguna internet di seluruh dunia. Dengan menggunakan Google, Anda dapat mencari berbagai macam artikel dengan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, tak jarang Google menjadi penyelamat bagi para pelajar yang mencari referensi untuk karya ilmiah mereka. Walaupun Google sudah digunakan oleh jutaan umat, tidak banyak orang yang mengetahui sosok pendiri mesin pencarian ini. Yuk, berkenalan lebih dekat dengan sosok pencipta Google yang legendaris!

Siapa penemu Google dan apa nama sebelum Google?

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998 ketika keduanya masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford di California, Amerika Serikat. Keduanya mulai mengembangkan mesin pencari pada tahun 1996 yang diberi nama "Backrub" dan pada tahun 1997, mereka mengubah namanya menjadi "Google" yang diambil dari kata "googol" yang merujuk pada angka 1 diikuti oleh 100 angka nol.

Larry Page

Larry Page adalah seorang pengusaha dan insinyur komputer asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai salah satu pendiri Google, salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling sukses di dunia. Larry Page lahir di East Lansing, Michigan pada tanggal 26 Maret 1973 dan merupakan anak dari pasangan Carl Victor Page dan Gloria Geraldine.

Page memperoleh gelar sarjana dalam ilmu komputer dari Universitas Michigan dan melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Stanford, di mana ia bertemu dengan Sergey Brin, yang menjadi rekannya dalam mengembangkan Google.

Page menjadi CEO Google pada tahun 2011 dan memegang posisi tersebut hingga tahun 2015 ketika perusahaan melakukan restrukturisasi dan membentuk perusahaan induk bernama Alphabet Inc, di mana Page menjadi CEO Alphabet dan Brin menjadi Presiden Alphabet.

Page dikenal sebagai salah satu pengusaha paling sukses dan inovatif di dunia. Ia menerima berbagai penghargaan dan pengakuan atas kontribusinya dalam bidang teknologi, termasuk penghargaan Lifetime Achievement dari Webby Awards dan Innovator of the Year dari Wall Street Journal.

Sergey Brin

Sergey Mikhailovich Brin adalah salah satu dari tokoh penemu mesin pencari terbesar di dunia saat ini yaitu google, salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling sukses di dunia. Brin lahir di Moskow, Rusia pada tanggal 21 Agustus 1973 dan pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada tahun 1979.

Brin memperoleh gelar sarjana dalam bidang matematika dan ilmu komputer dari Universitas Maryland dan melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Stanford, di mana ia bertemu dengan Larry Page, yang menjadi rekannya dalam sejarah perkembangan Google.

Page dan Brin mengembangkan Google sebagai sebuah proyek penelitian saat mereka masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford pada tahun 1996. Mesin pencari ini awalnya bernama "Backrub" dan kemudian diubah menjadi "Google" pada tahun 1997. Page dan Brin kemudian mendirikan Google sebagai sebuah perusahaan pada tahun 1998.

Selama masa hidupnya, Brin telah memainkan banyak peran dalam pengembangan teknologi, bisnis, dan filantropi. Ia terkenal sebagai pendiri X (sebelumnya Google X), sebuah divisi Google yang bertanggung jawab untuk mengembangkan proyek-proyek inovatif seperti mobil tanpa sopir, Google Glass, dan balon udara yang membawa akses internet ke daerah terpencil.

Brin juga aktif dalam kegiatan filantropi melalui Yayasan Keluarga Brin, yang telah memberikan sumbangan besar untuk penelitian medis, pendidikan, dan hak asasi manusia. Ia termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia dan mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan atas kontribusinya dalam bidang teknologi dan filantropi.

Apa yang dibuat Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford?

Page dan Brin mengembangkan Google sebagai sebuah proyek penelitian saat mereka masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford pada tahun 1996. Mesin pencari ini awalnya bernama "Backrub" dan kemudian diubah menjadi "Google" pada tahun 1997. Page dan Brin kemudian mendirikan Google sebagai sebuah perusahaan pada tahun 1998.

Ambisi Unik Sang Pencipta Google

Setiap orang jenius biasanya memiliki ambisi yang terkesan tidak lazim. Salah satu pencipta Google yaitu Sergey pun bukan pengecualian. Bagaikan seorang tokoh film, Sergey bermimpi untuk menemukan cara menghentikan proses penuaan pada manusia dan menemukan kunci agar dapat hidup selamanya. Atau, paling tidak, dia ingin menemukan cara untuk memperpanjang usianya. Ia bahkan menunjukkan dukungan yang sangat besar terhadap gerakan yang dibuat oleh National Academy of Medicine. Akademi farmasi tersebut memiliki misi yang sama dengan Sergey, yaitu menemukan cara untuk menghentikan proses penuaan pada manusia. Sergey mendukung gerakan tersebut dengan memberikan dana untuk riset-riset yang mereka lakukan. Tak hanya Sergey, gerakan tersebut juga bahkan didukung oleh musisi populer yaitu Moby dan Goldie Hawn. 

Tentu saja, ambisi Sergey nggak hanya berhenti sebagai donatur saja. Sebagai salah satu pencipta Google, ia memutuskan untuk mendirikan anak perusahaan yang dinamakan California Life Company. Perusahaan yang dikenal dengan sebutan Calico ini bergerak di bidang riset kesehatan. Fokus utama yang menjadi bahan riset adalah penelitian terhadap terjadinya proses penuaan pada manusia dan cara untuk menghentikannya. Tak hanya itu, perusahaan tersebut juga meneliti berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan penuaan pada manusia. Perusahaan Google Inc bahkan menuangkan dana bantuan pada perusahaan Calico sebear US$1 Milyar. Jika dikonversikan ke rupiah, maka dana tersebut mencapai hingga 14 trilyun.

Itulah beberapa fakta dan serba-serbi unik mengenai pencipta Google. Semoga informasi di atas bisa memperluas pengetahuan Anda. 

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait