Tool Terbaru di TikTok, Creator Search Insight

Tool Terbaru di TikTok, Creator Search Insight

Admin
Apr 16, 2024
SHARE ON
1713260759_tiktok-creator-search-insight.jpg

Kamu sudah tahu belum, kalau TikTok ada tool terbaru? Yap, TikTok baru saja mengumumkan tool atau fitur terbaru di pertengahan Maret 2024 ini. Tool tersebut adalah Creator Search Insight.

Apa itu creator search insight? Creator search insight adalah tool yang memberikan ide dan inspirasi mengenai topik-topik yang paling banyak dicari atau yang sedang trending di TikTok.

Nah. tujuan tool ini agar creator bisa membuat konten yang relevan dengan topik yang paling banyak dicari. Hal ini bisa membantu creator terhubung dengan target audiences melalui sistem pencarian TikTok.

Namun, Insights tersebut memiliki banyak list dengan berbagai macam topik, seperti kecantikan, kuliner, teknologi dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu perlu memilih topik-topik yang sesuai dengan niche market kamu.

Misalnya, Akun TikTok kamu membahas kecantikan, maka bangunlah topical authority yang relevan dengan kecantikan pada creator search insight.

Bagaimana Cara Kerja Tiktok Creator Search Insight?

Berikut cara untuk membuka creator search insight:

  • Tulis “Creator search insight” di search bar atau kolom pencarian TikTok
  • Creator search insight tools akan muncul
  • Klik view
  • Dashboard searched topics akan muncul

Apa aja Sih Fitur yang Ada di Creator Search Insight?

Berikut beberapa fitur yang terdapat tools tiktok create search insight, diantaranya:

1. Dashboard searched topics

Dalam dashboard searched topics terdapat beberapa tab, diantaranya yaitu:

A. Tab For you

Tab ini berisi list topik yang paling banyak dicari atau trending di TikTok. Namun, list topik tersebut adalah topik-topik yang paling relevan dengan interest kamu. Nah, ada 2 opsi di tab For You ini, yaitu opsi All (semua) dan content gap.

Opsi all berisi semua topik yang paling relevan dengan interest kamu di TikTok. Di sisi lain, opsi content gap berisi list topik yang paling banyak dicari, tetapi konten dengan topik tersebut belum ada atau belum banyak tersedia di TikTok.

B. Tab trending

Tab trending berisi topik-topik yang sedang trending di TikTok dengan berbagai kategori. Kategori tersebut seperti kecantikan, kuliner, teknologi dan lain-lain. Namun, kamu bisa memilih sesuai kategori yang diinginkan.

C. Search popularity percentage

Fitur ini menunjukan persentase dari popularitas pencarian. mari kita lihat dari gambar di atas. Ada salah satu topik “Butter getting sturdy” yang memiliki popularitas pencarian sebesar 72%.

D. Save

Save adalah fitur untuk menyimpan topik-topik favorit.

E. Create video

Fitur untuk merekam atau upload video secara langsung di halaman creator search insight. Jadinya, kita tak perlu bolak-balik ke halaman utama TikTok untuk merekam atau upload video.

Baca juga: 21 Ide Konten TikTok Tanpa Wajah untuk Kreator Introvert

2. Search bar

Kita bisa mencari suatu topik atau keyword tertentu di search bar atau kolom pencarian. Tujuannya agar kita bisa mengetahui persentase popularitas pencarian yang berkaitan dengan keyword tertentu.

Contohnya seperti keyword “Food receipt” yang ditulis di search bar. Lalu, topik yang berkaitan dengan keyword tersebut akan muncul, serta persentase popularitas pencariannya.

Baca juga: Cara Monetisasi Tiktok Agar Bisa Hasilkan Cuan

3. Grafik popularitas pencarian topik

Grafik ini akan muncul ketika kita mengklik salah satu topik. Grafik menunjukan besaran pencarian topik tertentu dalam 7 hari terakhir. Mari lihat contoh di bawah ini.

Grafik topik “Picnic food ideas” memiliki grafik yang stabil dalam 7 hari terakhir. Artinya, jumlah pencarian topik “Picnic food ideas” relatif stabil di angka 86% di TikTok. Selain itu, halaman ini juga memuat 2 fitur lainnya, yaitu:

A. Related video inspiration

Related video inspiration berisi video-video yang berkaitan dengan suatu topik. Topik ini tentunya topik yang masuk ke dalam daftar topik yang paling banyak dicari atau yang sering dicari di TikTok. Contohnya adalah topik “Picnic food ideas” di atas.

B. Related searches

Related searches adalah pencarian yang masih berkaitan dengan suatu topik. Contohnya seperti topik “Picnic food ideas” tadi. Terdapat beberapa topik lainnya nya masih berkaitan dengan topik “Picnic food ideas”, seperti di bawah ini.

Baca juga: 6 Cara Simpel Memaksimalkan Bio Tiktok

Apa yang Bisa Dimanfaatkan dari Creator Search Insight

  • Alat untuk mencari ide dan inspirasi topik konten
  • Alat untuk mencari ide dan inspirasi video dalam proses pembuatan video konten
  • Alat untuk mengkombinasikan pencarian “Related search” di TikTok dengan fitur “People also ask” di google search

Kesimpulan

Creator search insight adalah tool yang memudahkan creator TikTok ketika idea block dalam mencari topik konten. Selain itu, tool ini membantu creator untuk mencari topik konten yang relevan dengan target audience TikTok.

Kalau kamu membuat konten berdasarkan popularitas pencarian di TikTok, maka konten kamu mungkin banyak dicari oleh orang-orang. Konten tersebut mungkin akan muncul di list pencarian. Hal ini tentunya bisa berdampak pada performance konten kamu.

Kalau performance konten kamu bagus, maka kondisi ini bisa menguntungkan kamu yang affiliate. Konten kamu akan muncul di pencarian, terus FYP dengan banyak viewers. Kondisi ini lah yang berpotensi menghasilkan konversi pada program affiliate.

Walaupun kamu sudah membuat konten yang sesuai dengan creator search insight, kamu juga perlu memperhatikan kualitas konten. Tujuannya agar konten tersebut bisa terbaca oleh algoritma TikTok, menarik perhatian audiences, dan audience menonton video sampai selesai.

Lalu, bagaimana caranya? Caranya adalah kamu bisa belajar dan diskusi bareng dengan teman-teman affiliate lainnya di Telegram berikut.

https://t.me/accesstradeindonesia

References:

https://newsroom.tiktok.com/en-us/creator-search-insights

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait