ACCESSTRADE Indonesia

Panduan Lengkap Affiliate Marketing 2023 Dengan Social Media, Belajar Sampai Mahir Hanya Di Sini!

Admin
affiliate marketing Nov 21, 2022

Baca Juga: Praktisnya Cara Daftar Affiliate JD ID, Promosikan & Dapat Uang Tambahan

Jika anda adalah seorang yang aktif di media sosial, anda perlu tahu bahwa saat ini anda dapat meraup penghasilan dengan mudah hanya melalui media sosial yang anda miliki. Ya, affiliate marketing adalah jawabannya. Melalui program affiliate marketing anda dapat meraih penghasil hanya dengan menyebarluaskan link afiliasi dan memastikan orang mengunjungi link tersebut dan atau orang melakukan transaksi pembelian melalui link afiliasi anda.

Namun, seiring bertambahnya orang yang mendaftarkan dirinya dalam program affiliate marketing (affiliator), anda harus memiliki keunikan tersendiri agar orang mau melakukan transaksi melalui link afiliasi anda. Ada banyak sekali cara mengemas link afiliasi anda agar menarik, itu semua tergantung seberapa besar effort yang akan anda lakukan, yang jelas sudah pasti effort yang besar akan menghasilkan keuntungan yang semakin besar juga.

Daftar Isi

Bagaimana cara memulai sebagai affiliator pada program affiliate marketing?

Bagaimana cara memulai sebagai affiliator

Ada berbagai macam cara agar anda bisa terdaftar sebagai seorang affiliator dalam sebuah program affiliate marketing, semua tergantung pada ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan pemilik program afiliasi. Meski memiliki tahapan yang berbeda dalam pendaftarannya, secara umum program afiliasi memiliki tahapan yang sama, berikut adalah cara untuk memulai perjalanan anda sebagai affiliator.

1. Cari program affiliate marketing yang paling mudah

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini berhamburan banyak sekali program affiliate marketing di internet. Namun, tak semua program afiliasi tersebut mudah untuk digunakan, begitu juga dengan komisinya yang berbeda. Oleh karena itu, anda harus banyak melakukan observasi agar dapat menemukan program affiliasi terbaik dengan sistem kerja yang mudah dan komisi yang menguntungkan.

Setelah menemukan program afiliasi yang cocok, anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan, seperti mengisi informasi pribadi anda, produk apa yang ingin anda pasarkan, hingga metode pencairan komisi. Pastikan informasi yang anda berikan pada kolom tersebut adalah informasi yang sebenarnya guna memudahkan proses validasi akun afiliasi anda.

2. Membangun media sosial sesuai dengan audience anda

Ketika anda memutuskan menjadikan media sosial pribadi anda sebagai media promosi produk afiliasi, anda perlu membangun atau melakukan branding terhadap media sosial anda. Branding yang anda lakukan tentu perlu disesuaikan dengan audience atau followers yang anda miliki. Penyesuaian ini nantinya akan membantu followers anda tertarik untuk bertransaksi melalui link afiliasi anda. 

Sebagai contoh, jika audience anda adalah anak muda usia 18-25 tahun, anda dapat membangun media sosial anda dengan cara berkomunikasi anak muda yang santai. Hal ini nantinya bisa juga berkaitan dengan bagaimana gaya bahasa yang akan anda gunakan ketika mempromosikan produk afiliasi anda. Penyesuaian tersebut pasti membuat audience atau followers anda merasa sefrekuensi dengan anda dan tertarik untuk melakukan transaksi.

3. Memulai campaign afiliasi dengan yang paling mudah

Ada banyak sekali program afiliasi yang tersebar di internet, sebagai pemula anda perlu selektif memilih program yang paling mudah untuk anda jalankan. Terlebih, ketika anda menggunakan media sosial sebagai media promosi, anda perlu melakukan penyesuaian terlebih dahulu dengan perubahan yang terjadi pada media sosial.

Jangan sampai audience atau followers anda kaget dengan apa yang baru anda mulai lakukan pada media sosial anda. Hal tersebut ditakutkan akan membuat audience anda tidak yakin dan justru kabur dari media sosial anda.

4. Konsisten dan mengutamakan value produk

Sebagai affiliator pertama, kunci agar anda dapat sukses adalah konsistensi. Pada langkah awal anda sebagai affiliator kecil kemungkinan anda dapat meraup keuntungan yang besar. Namun, hal tersebut jangan sampai membuat anda malas mempromosikan produk afiliasi anda. Anda harus terus konsisten mempromosikan produk afiliasi anda agar audience melihat konsistensi yang anda berikan dan menjadi yakin pada produk afiliasi anda.

Selain itu, hal yang perlu anda perhatikan value produk afiliasi anda. Anda perlu mengetahui kelebihan atau daya tarik produk tersebut. Pemahaman anda terhadap produk akan membantu anda mempromosikan produk dengan lebih mudah dan lebih menarik sehingga audience atau followers media sosial anda semakin yakin untuk melakukan transaksi melalui link afiliasi anda.

Tips agar orang melakukan transaksi melalui link afiliasi anda

Tips agar orang melakukan transaksi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa ada beragam cara agar orang mau melakukan transaksi melalui link afiliasi anda. Namun, ada beberapa cara yang dianggap paling efektif. Berikut adalah tips agar orang melakukan transaksi melalui link afiliasi anda:

Membuat ulasan produk yang bagus dan lengkap

Tips pertama yang paling mudah agar orang tertarik melakukan transaksi melalui link anda adalah membagikan link afiliasi beserta dengan ulasan terhadap produk tersebut. Namun, perlu dipastikan bahwa ulasan yang diberikan harus lengkap dan bersifat positif atau baik agar menarik perhatian calon konsumen. 

Sesuaikan juga dengan target calon konsumen anda, anda bisa menggunakan bahasa yang santai jika menyebarkannya melalui media sosial pribadi. Perlu diingat bahwa ulasan yang diberikan juga jujur guna menghindari kekecewaan konsumen yang bisa merugikan diri anda.

Jangan hanya mementingkan komisi

Meski sudah jelas tujuan mengikuti affiliate marketing adalah meraup keuntungan, anda tetap tidak boleh berfokus hanya pada komisi yang akan anda dapatkan karena hal tersebut dapat mempengaruhi konten yang anda buat menjadi tidak maksimal. Selayaknya seorang marketing, anda perlu mempromosikan produk afiliasi anda sebaik-baiknya.

Branding media sosial anda

Agar anda dapat meyakinkan audience atau followers media sosial anda bahwa anda memiliki kapabilitas terhadap produk yang anda promosikan, anda harus melakukan branding media sosial anda. Anda dapat melakukan branding sesuai dengan produk yang anda promosikan, ketika produk yang anda promosikan merupakan produk yang berbau dunia olahraga, maka anda haru memunculkan persona anda sebagai seorang penggemar olahraga lewat media sosial anda.

Buat konten menarik

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tulisan baik itu ulasan maupun informasi detil mengenai produk anda dapat membuat link afiliasi anda digunakan, cara lain yang dapat digunakan adalah membuat konten-konten menarik, seperti video mengenai produk yang anda promosikan. Video akan memudahkan calon konsumen memahami produk dan tertarik dengan produk yang anda promosikan. Saat ini terdapat platform video yang paling banyak digunakan oleh pengguna media sosial, yakni Tiktok. Dengan fitur FYP-nya dapat membuat video promosi anda sampai di banyak akun orang. Hal tersebut berarti memungkinkan komisi anda juga menjadi lebih banyak.

Kenali calon konsumen anda

Tentu selain bentuk konten promosi, anda juga harus memahami siapa target konsumen anda. Ketika anda tahu siapa target konsumen anda, maka anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan konten yang akan anda buat. Riset sebanyak-banyaknya mengenai produk apa yang paling dicari dan pertanyaan apa yang akan muncul terkait produk tersebut sehingga konten anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen.

Mencari produk yang sedang tren sesuai dengan audience anda

Cara yang paling mudah agar audience bertransaksi melalui link afiliasi anda adalah anda mempromosikan produk afiliasi yang sedang menjadi tren di lingkungan audience anda. Anda dapat mengetahui tren yang sedang berkembang dengan cara melihat unggahan-unggahan yang dilike atau diunggah oleh audience anda sendiri. Ketika sudah mengetahui trennya, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang menarik berkaitan dengan tren tersebut. Hal tersebut dapat membantu audience anda merasa bahwa anda adalah orang yang tepat ketika dia ingin berbelanja sebuah produk.

Belajar lebih lanjut dan mendalam mengenai affiliate marketing

Setelah memahami definisi dari affiliate marketing dan tahu cara memulainya, sebaiknya anda mengikuti kursus agar dapat lebih mendalami dunia afiliasi sehingga anda tidak mengalami kerugian dan keuntungan yang anda dapatkan semakin besar. Untuk belajar lebih dalam mengenai affiliate marketing anda tak perlu mengikuti kursus secar offline, sebab saat ini sudah banyak layanan kursus secara online (daring). Berikut adalah beberapa tempat belajar affiliate marketing

Influencer Marketing Hub

influencer marketing hub

Influencer Marketing Hub merupakan salah satu website serta aplikasi layanan pembelajaran mengenai sumber daya media sosial. Kini Influencer Marketing Hub juga menyediakan pembelajaran atau kursus mengenai praktik affiliate marketing bagi anda yang ingin memulai terjun ke dunia afiliasi. Sebagai salah satu platform pembelajaran media sosial terbesar, Influencer Marketing Hub dapat menjadi jawaban yang tepat untuk anda belajar mengembangkan dan mengoptimalkan media sosial anda sebagai media promosi.

Udemy

kursus affiliate marketing pada Udemy

Udemy sebagai salah satu website pembelajaran atau kursus dengan banyak topik di dalamnya dapat menjadi alternatif pilihan bagi anda. Meski program pembelajaran yang disediakan berbayar, pengetahuan agar anda dapat meraup keuntungan yang lebih besar sepertinya menjadi harga yang terbayarkan. Kursus yang diberikan oleh Udemy juga tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga platform ini menjadi wadah yang tepat bagi anda yang kesulitan berbahasa Inggris namun tetap ingin memantapkan pengetahuan anda sebagai affiliator pemula. Pembelajaran yang diberikan juga akan dimulai dari yang paling mendasar, seperti bagaimana cara kerja affiliate marketing hingga cara mendapatkan penghasilan.

Youtube: Cari keyword "Affiliate Marketing"

Belajar affiliate marketing lewat Youtube

Selain melalui platform pembelajaran atau kursus, Youtube dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda untuk belajar lebih dalam mengenai affiliate marketing. Ada banyak sekali pegiat affiliate marketing yang dengan sukarela membagi pengetahuan melalui channel Youtube-nya, anda hanya perlu mencari keyword "affiliate marketing" dan sederatan video pembelajaran akan muncul. Melalui Youtube, memungkinkan anda lebih mudah memahami materi yang disampaikan lantaran berbentuk audio visual, anda dapat mendenger penjelasan yang didukung oleh visual sehingga anda dapat mudah mengerti apa yang sedang disampaikan. 

Namun, anda juga harus memperhatikan channel Youtube tempat anda belajar agar kebenaran informasi yang disampaikan terjamin. beberapa channel Youtube asal Indonesia yang sering kali menjelaskan affililate marketing dan mempunyai kapabilitas adalah Teknobie, Yoko Bomb, Hendra Setyo, dan Denny Santoso.

Accesstrade Academy

Kursus affiliate marketing gratis Accesstrade Academy

Terakhir, dan yang terbaik adalah Accesstrade Academy. Mengupas tuntas dan memberikan pembelajaran secara mendetil menjadikan Accesstrade Academy sebagai wadah untuk belajar meraup keuntungan fantastis melalui program afiliasi. Dengan tampilan interface yang atraktif akan membantu anda lebih mudah memahami topik yang diajarkan.

Satu hal yang pasti dan sangat penting adalah layanan kursus milik Accesstrade tidak bertarif atau gratis 100%. Selain itu, mereka juga menyediakan kategori kursus yang melimpah, saat ini saja sudah terdapat 14 kategori kursus yang dapat anda ikuti.

Untuk dapat mengikuti layanan kursus Accesstrade Academy caranya sangat mudah anda hanya harus berkunjung ke laman resminya, membuat akun, dan anda siap untuk mengambil kursus yang telah disediakan. Dengan segudang materi yang disediakan, sudah bisa dipastikan anda akan semakin mahir dalam dunia affiliate marketing. 

Setelah mengetahui bagaimana memulai menjadi affiliate marketing beserta tips menjadi affiliate marketing, perjalanan anda belum selesai. Pastikan anda juga mengikuti kursus mengenai dunia afiliasi agar anda semakin mahir dan tidak tertipu atau mengalami kerugian pada program afiliasi yang anda ikuti. Setelah mengikuti kursus anda pasti mampu meraup keuntungan sebanyak-banyaknya hanya melalui smartphone yang anda miliki. Inilah saatnya anda mewujudkan mimpi untuk dapat mempunyai pasif income dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Jutaan Rupiah dari Komisi Lazada Affiliate, Pelopor Marketplace Terbesar di Indonesia

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023