Tools SEO yang Mempermudah Optimasi Campaign Blog Affilliate mu

Tools SEO yang Mempermudah Optimasi Campaign Blog Affilliate mu

Admin
search engine optimization Apr 17, 2024
SHARE ON
1713326631_tools-seo-yang-mempermudah-optimasi-campaign-blog-affilliate-mu.jpg

SEO merupakan salah satu channel organik yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kinerja dari blog affiliate kamu. Sekalipun organik, namun kamu juga perlu mengeluarkan budget loh agar SEO tools agar blog kamu bekerja dengan baik, seperti untuk melakukan research keywords.

Sebenarnya apa itu SEO tools dan apa saja jenisnya? SEO tools adalah perangkat lunak untuk membantu pengelola situs website sehingga meningkatkan peluang visibilitas website kamu di search engine, seperti Google, Bing, dan lainnya.

Dengan menggunakan SEO tools, kamu dapat mengidentifikasi dan memperbaiki elemen-elemen yang mungkin mempengaruhi peringkat website kamu di search engine. SEO tools ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan berbayar, tergantung kebutuhan kamu ya.

Apa saja tools SEO yang paling banyak digunakan?

Beberapa tools yang bisa kamu gunakan secara gratis, seperti Google Search Console (GSC), Google Analytics (GA), dan plugin SEO juga bisa kamu dapatkan secara gratis. Kali ini kita akan belajar terkait 7 tools SEO yang akan mempermudah optimasi campaign blog affiliate kamu. Baca sampai habis ya!

1. Google Search Console

Google Search Console (GSC) adalah alat yang disediakan oleh Google untuk membantu kamu memantau, mengelola, dan memperbaiki kinerja website dalam hasil pencarian Google. Ini memberikan informasi tentang bagaimana Google melihat blog kamu, termasuk indexing, issues yang ada di blog, dan organic traffic berupa impressions, clicks, CTR dan posisi URL kamu.

Kamu bisa menggunakan GSC secara gratis loh, dengan memantau hasil dari GSC akan membantu kamu untuk melakukan optimasi website, jadi pastikan kamu melakukan monitoring secara berkala ya terhadap kondisi setiap page di website kamu.

2. Screaming Frog

Tools selanjutnya adalah Screaming Frog. Tool ini digunakan sebagai alat crawling web yang membantu kamu menganalisis dan menemukan masalah mengenai teknikal SEO. Screaming Frog melakukan pengindeksan dan menganalisis setiap halaman di situs website dan memberikan informasi tentang struktur website, meta tag, status code, dan masih banyak variabel lainnya.

Sayangnya cara kerja crawler tool satu ini bisa kamu gunakan secara terbatas jika gratis yaitu 500 URL dari website kamu. Namun jika kamu menggunakan Screaming Frog berbayar, maka tool ini akan sangat berguna untuk audit SEO dan optimasi situs khususnya untuk teknikal SEO.

3. Ask Question Tools

Mungkin kamu beberapa tools yang masuk dalam Ask Question Tools, seperti SEO Minion, Keywords Everywhere, AnswerThePublic, Also Asked, dan lainnya. Tools tersebut difungsikan sebagai alat tanya-jawab yang membantu dalam research keywords.

Kenapa tools ini penting? karena dengan mengetahui apa yang users cari atau intention akan memberikan wawasan tentang pertanyaan yang sering diajukan pengguna terkait topik atau keyword tertentu. Misalnya, jika kamu mengetik ‘Apa itu SEO’ di Google, maka akan muncul list People also ask yaitu pertanyaan-pertanyaan terkait topik SEO yang sering ditanyakan oleh pengguna internet.

Dengan memahami kebutuhan users, kamu bisa membuat konten yang relevan dengan pertanyaan yang mungkin mereka ajukan. Sayangnya, banyak tools di kategori ini yang berbayar, namun tidak begitu mahal untuk monthly subscribed.

Baca juga: Keywords Research untuk Pemula: Simak Langkah-Langkah Penerapanya

4. Sitemap.xml Generator

Apa itu sitemap? Sitemap adalah file XML yang berisi daftar URL di situs website kamu serta informasi penting seperti frekuensi pembaruan dan prioritas halaman. Dengan adanya sitemap akan membantu googlebot melakukan crawling, indexing, dan memahami struktur website.

Kamu bisa menggunakan sitemap.xml generator untuk membuat sitemap dari website kamu. Contoh tools yang bisa kamu gunakan adalah Yoast SEO. Yoast SEO adalah plugin SEO yang populer untuk platform WordPress loh!

Selain menyediakan berbagai fitur SEO lainnya, Yoast SEO juga memiliki fitur untuk menghasilkan sitemap.xml secara otomatis. Dengan menginstal dan mengkonfigurasi plugin Yoast SEO, kamu dapat dengan mudah mengaktifkan sitemap XML dan menghasilkan sitemap untuk situs website kamu. Kelebihan lainnya, kamu bisa menggunakan Yoast SEO secara gratis.

5. Keyword Research Tools

Bagian ini akan membahas terkait Keyword Research Tools, yaitu suatu perangkat yang digunakan untuk menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi tinggi untuk digunakan dalam strategi SEO (Search Engine Optimization) atau campaign affiliate marketing kamu.

Research dan pemilihan keywords yang tepat merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan visibilitas situs website di search engine, oleh sebab itu banyak sekali tools keywords research yang diperoleh dengan melakukan paid subscribed. Contoh dari keyword research tools adalah SEMRUSH, Ahrefs, dan MOZ.

Dari tools tersebut kamu akan mendapatkan banyak informasi terkait volume keywords, tingkat kompetisi, saran keywords, dan fitur lainnya. Umumnya banyak praktisi SEO yang menggunakan Ahrefs atau Semrush, keduanya memiliki fitur yang hampir sama, hanya perlu kamu sesuaikan dengan preferensi kamu saja kok.

Baca juga: Keyword Research untuk Affiliate Marketing

6. Google Keyword Planner

Berbicara tentang Google Keyword Planner juga termasuk salah satu dari keyword research tools loh. Kamu bisa menggunakan alat ini secara gratis dari Google Ads yang membantu Anda melakukan research keywords untuk campaign affiliate marketing kamu.

Google Keywords Ini memberikan data tentang volume pencarian, perkiraan biaya per klik, serta saran keywords terkait. Sekalipun tools ini sering digunakan untuk paid ads, namun kamu juga bisa mengkorelasikan atau menghubungkan paid campaign dengan optimasi SEO kamu loh. Misalnya, jika kamu melakukan paid campaign, keywords seperti apa yang memiliki klik atau menghasilkan leads yang tinggi, kamu bisa menyesuaikan strategi SEO sesuai dengan data dari ads channel.

7. Google Analytics & Google Tag Manager

Tools penting selanjutnya untuk campaign SEO kamu adalah Google Analytics dan Google Tag Manager, apakah itu? Dua tools ini bisa kamu gunakan secara gratis untuk menganalisa hasil website dari tag atau kode pelacakan di website kamu secara efisien loh.

Secara sederhana Google Analytics (GA) adalah digunakan untuk memberikan data dari berbagai metrik website kamu tentang perilaku users, conversion, dan URL mana yang performed saat kamu melakukan campaign. Metrik yang kamu dapatkan disesuaikan dengan tujuan kamu, apakah itu page view, visitor, purchase, dan lainnya.

Sedangkan Google Tag Manager memungkinkan kamu mengelola tag dan kode pelacakan di website yang kamu buat. Nah, kedua tools ini tentunya akan membantu kamu memantau kinerja SEO khususnya saat kamu melakukan campaign affiliate marketing.

Itulah 7 tools yang perlu kamu ketahui untuk mengoptimasi campaign SEO kamu, khususnya apabila kamu sebagai affiliate marketer. Karena tidak semua tools SEO gratis, kamu perlu untuk mengalokasikan budget agar bisa menggunakan tools tersebut dan memudahkan kerja kamu.

Selain menggunakan website kamu juga bisa menggunakan media sosial kamu untuk meningkatkan konversi dari campaign affiliate seperti instagram. Kamu bisa klik link dibawah ini untuk mendapatkan informasi seputar cara mendapatkan uang dari instagram loh!

Baca juga: Cara Sukses Dapat Uang dari Instagram Tanpa Modal

Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari kami atau kamu suka sama jenis konten ini? Yuk, kamu bisa join komunitas untuk mendapatkan update terbaru tentang affiliate marketing. Cukup klik link di bawah buat gabung ke grup Telegram kita sekarang!

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

Referensi

  • https://searchengineland.com/seo-tools-google-search-console-url-inspection-api-379955
  • https://www.searchenginewatch.com/2019/12/17/tools-to-check-website-seo/
  • https://ahrefs.com/free-seo-tools
  • https://www.google.com/search?q=free+seo+tools+that+can+utilize+your+blog&rlz=1C1CHBD_enID1077ID1077&oq=free+seo+tools+that+can+utilize+your+blog&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOdIBCTE0NzU4ajBqMagCALACAA&sourceid=chrome&ie=UTF-8#ip=1
Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait